Wajib Kamu Tau, 5 Komplikasi Keadaan Toksik Akibat Gagal Ginjal

Selain sebagai penyaring darah, ginjal juga berperan penting dalam proses pembunganan zat sisa metabolisme dalam tubuh yang sudah tidak diperlukan lagi dengan bentuk urine. Selain itu ginjal juga berfungsi menyerap ion yang masih dibutuhkan oleh tubuh dan membuang ion yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Tetapi juga banyak faktor yang bisa merusak fungsi penting dari ginjal tersebut sehingga menjadi terganggu. Diantaranya seperti peradangan glomelurus, hipetensi, diabetes milletus dan lainnya. Bermula dari aku yang tak mendapat penanganan yang tepat lama kelamaan akan berubah menjadi kronis dan dapat menyebabkan komplikasi. Berikut 5 komplikasi keadaan toksik akiibat gagal ginjal:

  1. Ensefalopati

Merupakan gangguan pada otak yang disebabkan karena gagal ginjal kronis menyebabkan gangguan pada saat proses ekskresi. Sehingga mengakiatkan ammonia tidak bisa dikeluarkan dan akhirnya menumpuk dalam tubuh dan masuk ke aliran darah sistemik dan terbawa ke otak. Akibatnya tubuh mengalami perubahan kesadaran sehingga aktivitas terganggu

  1. Edema

Pembengkakan pada paru-paru yang disebabkan penurunan fungsi ginjal dan memicu meningkatnya permeabilitas kapiler dan menurunkan kadar albumin tubuh. hal ini mengakibatkan cairan menumpuk secara cepat sehingga paru-paru membengkak pada alveolus dan interstitial yang menyebabkan sulit bernafas.

  1. Hiperkalemia

Yakni kelebihan kalium. Pengindap gagal ginjal kronis akan mengalami gangguan pada filtrasi awal yang menyebabkan tubulus tak bisa menukar ion K+/H+ menadi Na+, sehingga kadar kalium meningkat. Meskipun kalium penting untuk memperlancar fungsi syaraf, jantung dan otot namun jika berlebihan dapat mengakibatkan terganggunya fungsi jantung.

  1. Asidosis

Meningginya kadar asam dalam tubuh yang diakibatkan oleh menumpuknya H+ pada pembuluh darah sistemik. Penderita yang terkena asidosis akan mengalami kelemahan pada fungsi otot, penurunan reflex bahkan sampai kelumpuhan.

  1. Anemia

Penderita gagal ginjal kronis akan mengalami anemia yang disebabkan oleh prosesĀ  pembentukan sel darah merah yang terganggu sehingga produksi sel menurun. Selain itu anemia juga dapat terjadi karena kekurangan vitamin, zat besi dan karena pendarahan.

Demikian merupakan komplikasi yang dapat terjadi pada penderita gagal ginjal kronis, sehingga perlu adanya upaya yang seimbang antara pasien dengan dokter agar kerusakan ginjal tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *