Tokopedia Vs Marketplace Lain

Tokopedia sebagai salah satu marketplace Indonesia memiliki banyak pesaing seperti shopee, Bukalapak, Lazada,  dan marketplace lainnya. Dengan banyaknya jenis marketplace yang bisa dikunjungi oleh masyarakat ini membuat para marketplace saling bersaing untuk menjadi marketplace yang lebih baik dan lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh para pembeli dan para penjualnya. Sistem-sistem yang dibuat oleh marketplace ini didedikasikan untuk para pembeli dan penjual nya agar mereka merasa lebih nyaman menggunakan situs marketplace yang mereka miliki.

Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia memiliki beragam inovasi terbarukan, inovasi yang dilakukan oleh Tokopedia ini didedikasikan untuk memudahkan para pelanggannya. Tokopedia terus menerus melakukan inovasi, agar tidak ketinggalan zaman dan agar pelanggan merasa nyaman menggunakan Tokopedia sebagai situs belanja online. Sehingga pada ahinya pada ahirnya pelanggan tetap berbelanja di Tokopedia karena merasa nyaman, dan sudah klop dengan tokopedia.

Lalu Apa keunggulan Tokopedia dibandingkan dengan marketplace lain ?. Artikel ini akan membahas mengenai keunggulan Tokopedia vs marketplace lain.

Tokopedia vs marketplace lain

Mengapa anda harus berbelanja di tokopedia?, karena tokopedia adalah marketplace yang memiliki keunggulan seperti berikut ini:

  1. Order sebagai dropshipper

Tokopedia memiliki sistem order sebagai dropshipper sistem ini sangat memudahkan bagi anda yang ingin mengambil keuntungan dari menjual produk secara online namun tidak memiliki produknya sendiri atau dapat disebut menjual kembali produk orang lain. Sistem dropshipper ini tidak dimiliki oleh semua marketplace yang ada di Indonesia namun Tokopedia memiliki sistem dropshipper ini.

Sistem dropshipper diduga juga menjadi salah satu poin yang membuat Bukalapak menjadi tokoh terbaik yang ada di Indonesia karena sistem ini benar-benar menguntungkan bagi mereka yang membutuhkan dropship untuk mengambil keuntungan lebih dari berbelanja online.

Sistem dropshipper ini sangat menguntungkan bagi para cara membeli di Tokopedia karena dapat memperluas market penjualan di luar marketplace tokopedia, dengan adanya  sistem dropship juga dapat membuka peluang usaha bagi mereka yang ingin menjual produk secara online tapi tidak memiliki toko online sendiri atau tidak memiliki barangnya secara langsung.

  1. Tampilan yang unik

Tampilan antarmuka Tokopedia bila dibandingkan dengan marketplace selain Tokopedia memiliki tampilan antarmuka yang cukup unik karena berbentuk animasi – animasi lucu, Tokopedia juga terlihat konsisten dan memiliki konsep dalam menghias tampilan antarmuka marketplace mereka, penggunaan warna hujau yang mereka gunakan pada setiap detail desain yang ditampilakan membuat tokopedia tergambar di benak masyarakat, sebagai marketplace dengan ciri khas warna hijau.

Tampilan Tokopedia yang cukup unik dan konsisten ini menjadi kelebihan  Tokopedia bila dibandingkan dengan marketplace lain, beberapa marketplace lain di Indonesia memiliki tampilan yang kurang menarik saat dilihat, seperti menggunakan warna warna mencolok, atau font tulisan yang kurang biasa, sehingga menjadikan pembeli malas melihat tampilan yang mereka miliki.

  1. Selang waktu pembayaran

Keunggulan Tokopedia selanjutnya adalah selang waktu pembayaran, Tokopedia memberlakukan sistem selang waktu pembayaran selama 2 hari. Sistem ini akan mempermudah bagi para pembeli dalam melakukan pembayaran barang, karena para pembeli dimungkinkan tidak sanggup membayar dalam kurun waktu yang singkat, sehingga Tokopedia membuat sistem pembayaran dengan selang waktu yang cukup lama.

Ini adalah salah satu keunggulan dari Tokopedia, Karena tidak semua marketplace menggunakan sistem pembayaran dengan selang waktu selama 2 hari , beberapa dari mereka menggunakan sistem pembayaran yang cukup singkat dan ini cukup merugikan bagi para pembeli karena kurun waktu yang relatif sempit membuat pembeli harus tergesa – gesa untuk membeli produk yang mereka pesan.

  1. System penilaian yang baik

Reputasi toko menjadi salah satu poin penting yang diandalkan oleh tokopedia, tokopedia memiliki sistem merchant yang mana para pembeli dapat menilai bagaimana pelayan yang dilakukan oleh toko pada mereka yang sudah lakukan pembelian barang,  yang ahinya mereka dapat memberikan penilaian pada toko tersebut, Tokopedia memberlakukan system ini dan penilaian dari pembeli ini tidak dapat dihapus. Adanya sistem ini akan memudahkan bagi para pembeli lainnya dalam menilai apakah tokoh tersebut adalah tokoh yang memiliki reputasi yang baik atau reputasi yang kurang baik.

Sedang beberapa marketplace lain tidak memiliki sistem reputasi penjualan semacam ini, mereka menggunakan sistem yang berbeda seperti, para pemilik toko dapat dengan mudahnya menghapus atau mengubah review dari para pembeli sehingga kredibilitas dari toko mereka tidak jelas karena para tokoh bisa saja menghapus komentar-komentar buruk yang diberikan oleh para pembeli.

  1. Pembukaan toko pribadi bersifat gratis

Tokopedia memiliki sistem pembukaan  toko pribadi secara gratis ini memudahkan bagi para penjual yang ingin menjual produk di marketplace Tokopedia. Sistem ini dirasa menguntungkan karena pembukaan tokonya gratis sehingga penjual tidak memerlukan modal untuk membuat toko online, mereka hanya perlu membuat akun tokoh untuk mendirikan toko online di Tokopedia.

Demikianartikel tentang Tokopedia vs marketplace lain , agar memiliki banyak followers di tokopedia anda bisa membelinya di beli followers tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *