Berasal Dari Negara Spanyol, Yuk Simak Sejarah Futsal di Indonesia

 

Futsal adalah salah satu permainan yang sangat seru untuk dimainkan bersama tim atau regu. Permainan ini akan dilakukan di dalam ruangan oleh beberapa orang dalam satu regu. Futsal sendiri adalah olahraga yang kerap kali dijadikan ajang permainan untuk anak remaja hingga dewasa. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu mengenai perkembangan sejarah futsal di Indonesia. Yuk simak ulasan selengkapnya.

Sejarah Perkembangan Futsal di Dunia

Olahraga futsal berasal dari bahasa Spanyol yang memiliki arti sepak bola dalam ruangan. Futsal sendiri dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Keunikan dari futsal sendiri telah mendapatkan perhatian di seluruh Amerika Selatan terutama Brasil. Keterampilan yang dikembangkan dalam bidang ini sangatlah beragam dan sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh masing masing pemain.

Salah satunya adalah Pale yang merupakan bintang terkenal di Brasil yang berhasil mengembangkan bakatnya dari permainan futsal. Hal inilah yang menjadikan Brasil sebagai pusat futsal di dunia. Bahkan permainan futsal sendiri dimainkan di bawah perlindungan Federation Internationale de Football Association di seluruh dunia.  Sejarah futsal di Indonesia sendiri masih masuk pada era 2000-an. Futsal yang berasal dari FIFA dulunya tidak bisa diterima dengan mudah.

Hal ini dikarenakan sejumlah negara yang mengklaim bahwa permainan futsal ini berasal dari negara mereka masing masing seperti Kanada dan Brasil. Futsal sendiri sudah berkembang pesat di Brasil pada tahun 1936 dan memiliki kesepakatan berbeda dengan aturan futsal. Sebelum permainan futsal mulai marak digelar, peraturan permainan futsal sendiri semakin berkembang dan populer di Amerika Latin bahkan seluruh dunia.

Pada tahun 1950-an, futsal kemudian dikenal di Negara Italia. Perkembangan futsal di Italia ini diperkenalkan oleh pemain sepak bila impor dari Amerika Latin yang bernama Serie A. Di waktu waktu luang ini mereka bermain futsal dan sering melakukan pertandingan latihan enam hingga enam di atas rumput. Futsal akhirnya mulai terkenal di Inggris dan menjadi salah satu olahraga harian ya sangat terkemuka di London.

Sedangkan di Spanyol sendiri perkembangan futsal bisa dibilang sangat cepat dibandingkan dengan sejarah futsal di Indonesia. Kemudian pada tahun 1965, kompetisi internasional futsal mulai diadakan pertama kalinya dengan Paraguay menjadi juara. Kemudian pada tahun 1979 Brasil mendominasi kompetisi ini. Brasil pun juga berhasil memenangkan Piala Pan America untuk pertama kalinya pada 1980 dan 1984.

Liga futsal pertama kali diadakan oleh FIFUSA pada tahun 1982 di Sao Paulo, Brasil. Dalam acara edisi perdana ini, Brasil keluar sebagai juara pertandingan futsal. Tiga tahun kemudian, acara yang sama juga diadakan di Spanyol. Hal ini adalah pertama kalinya acara selama tiga tahun diadakan di benua Eropa dan Brasil kembali menjadi pemenangnya. Hingga pada tahun 1988 Brasil dikalahkan oleh Paraguay di Australia.

Setelah beberapa tahun berdiri, akhirnya Futsal menjadi olahraga yang lebih terorganisir. Pada tahun 1989 FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai bagian dari sepak bola. Selain itu FIFA juga mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal. Perkembangan futsal di Indonesia baru dimulai pada tahun 1998 hingga 1999. Berbeda jarak selama 10 tahun sejak FIFA mulai mengumumkan adanya penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal.

Perkembangan Olahraga Futsal di Indonesia

Mulai tahun 2000-an futsal mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sementara pada tahun 2002 AFC meminta Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaraan Piala Asia. Sejarah futsal di Indonesia ini mulanya dibawa pertama kali oleh seorang pria bernama Justin Laksana. Pria yang memiliki kelahiran pada 1967 ini pernah menjabat sebagai pelatih timnas futsal Indonesia pada tahun 2004 hingga 2007. Justin pernah tinggal di Belanda selama kurang lebih 15 tahun lamanya.

Ia bahkan memegang sertifikat kepelatihan futsal dari Asosiasi Sepakbol belanda. Ia juga pernah melatih klub divisi utama negeri kincir angina tersebut. Pada masa kepemimpinanya timnas Indonesia pernah meraih prestasi internasional dengan memperoleh medali perunggu pada SEA GAMES Thailand pada tahun 2007 lalu. Pada waktu itu Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 11-1.

Sejarah perkembangan Futsal di Indonesia juga dihiasi oleh Rolland Hermanus Pattinasarany yang merupakan pejuang sepak bola dan banyak terlibat dalam melatih pemain futsal di usia muda. Dia dikenal sebagai bapak futsal di Indonesia karena dedikasinya untuk mendirikan Badan Futsal Nasional. Permainan ini sudah berkembang di Indonesia, dan banyak sekali jasa bikin jersery futsal yang bisa dipilih oleh masing masing tim.

Hingga hari ini hanya pihak BNF dengan PSSI atau Asosiasi Sepakbola Nusantara Seluruh Indonesia yang dapat bekerja sama untuk membawa olahraga ini tetap bisa dinikmati oleh semua anggota masyarakat. Federasi Futsal Indonesia adalah badan resmi di bawah PSSI yang menangani futsal di Indonesia. FFI sendiri adalah perubahan nama dari AFI atau Asosiasi Futsal Indonesia yang merupakan bagian dari sejarah futsal di Indonesia.

Adanya asosiasi ini dibentuk karena pembubaran BNF. FFI sendiri bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kompetisi futsal besar di tingkat nasional di Indonesia. Kompetisi ini disebut sebagai Liga Futsal Profesional Indonesia. Prestasi futsal di Indonesia sebenarnya tidaklah buruk dan cukup membanggakan. Pada saat mengikuti kejuaraan AFC pada tahun 2002, Indonesia tidak lolos di babak penyisihan.

Berbeda dengan kejuaraan AFF yang diadakan pada tahun 2003 lalu dimana Indonesia selalu memegang posisi teratas. Hingga akhirnya pada tahun 2010, Indonesia berhasil memenangkan kejuaraan futsal. Hal ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan dalam sejarah futsal yang pernah ada di Indonesia Tak kalah dari tim nasional laki laki, tim futsal wanita pun juga sama membanggakanya.

Para pahlawan Indonesia ini berhasil memenangkan AFF Futsal Club Cup yang diadakan pada tahun 2016. Skor yang didapatkan dari pertandingan ini adalah 5-4 atas Thailand Khong Kaen FC. Berdasarkan pembaruan dari peringkat dunia futsal pada 21 april 2018, sejarah futsal di Indonesia sendiri berada di peringkat ke 54. Sementara perwakilan Asia Tenggara yang berhasil menduduki posisi 20 besar di seluruh dunia hanyalah Jepang dan Thailand.

Olahraga futsal memang sangatlah digemari oleh banyak kalangan dari remaja, dewasa hingga kalangan orang tua. Hal ini karena permainannya yang sangat menyenangkan dan bisa dilakukan di dalam ruangan. Dalam satu timnya permainan ini akan membutuhkan lima orang pemain dengan tujuh orang cadangan. Banyak sekali yang mengisi waktu kosong mereka dengan bermain futsal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *