Rumput Teki Si Kecil Yang Tak Terlihat Tapi Sangat Bernilai

Pernahkah anda ketika jalan-jalan di taman, kebun, sawah atau bahkan di pinggir jalan menemui rumput teki tapi lewat begitu saja? Sayang sekali. Rumput teki memang terlihat seperti rumput liar yang tidak berguna dan tidak menarik. Padahal rumput ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Rumput yang berasal dari negara India ini merupakan rumput yang tumbuh sebagai gulma di iklim tropis, subtropis maupun iklim sedang. Tidak heran, jenis rumput ini tumbuh dengan subur di Indonesia, bahkan terkesan seperti tanaman liar tak berguna. Rumput ini memiliki panggilan yang khas dan berbeda-beda di berbagai wilayah di Indonesia.

Manfaat Produk dan Olahan Rumput Teki

Walaupun bentuknya yang kecil, tetapi rumput ini dapat dimanfaatkan mulai dari umbi, batang, daun hingga bunganya. Rumput ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh antara lain:

  1. Manfaat Untuk Kulit

Jika berbicara mengenai kulit, pasti yang lebih banyak tertarik adalah kaum perempuan. Karena mereka menginginkan kulit yang sehat, cantik dan bersih. Rumput teki ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit, antara lain adalah untuk perawatan kulit yaitu untuk mencerahkan kulit, mencegah penuaan dan menyamarkan bintik halus. Rumput ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim, panu dan kudis maupun sebagai pengobatan luka agar lebih cepat sembuh.

  1. Menjaga Kondisi Tubuh

Rumput ini dapat pula digunakan untuk menjaga kondisi tubuh, melancarkan pencernaan karena dapat membunuh kuman dan bakteri di dalam perut serta meredakan demam.

  1. Gangguan Mental

Bahkan hal yang tidak terduga, rumput ini dapat digunakan untuk membantu orang yang memiliki gangguan mental seperti epilepsy.

Pengolahan Rumput Teki

Pengolahan rumput teki cukup sederhana dan bervariasi tergantung kebutuhan, biasanya rumput ini diolah menjadi bubuk agar mudah dan praktis digunakan. Metode lainnya adalah dengan diekstrak menjadi minyak atau direbus untuk mendapatkan manfaat dari sari pati rumput ini.

Benar kan, walaupun liar dan nampak tak berguna tetapi manfaat rumput teki sangat banyak. Untungnya, Indonesia memiliki iklim yang mendukung berbagai tanaman obat-obatan seperti rumput teki untuk tumbuh dengan subur.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *