Resep Nasi Uduk Jakarta, Mudah dan Enak

Sarapan dengan nasi uduk akan membuat seharian merasa bahagia. Pasalnya rasa khas yang diberikan oleh nasi uduk ini bisa membuat kenyang yang puas. Tidak seperti nasi pada umumnya, nasi uduk memiliki bau wangi yang khas dan rasa gurih yang nikmat. Sehingga cara masaknya pun berbeda dengan nasi biasa pada umumnya.

Untuk membuat nasi uduk perlu dua langkah yaitu membuat nasinya sendiri dan membuat lauk pauk pelengkap nasi uduk yang beraneka macam. Pada tipsberbagi kali ini akan dibagikan resep nasi uduk lengkap yang mudah ditiru di rumah Anda.

Membuat Nasi Uduk

  1. Persiapan Bahan

Bahan utama yang digunakna tentu saja adalah beras, karena kita akan membuat nasi. Siapkan 300 gram beras yang telah dicuci hingga bersih, 450 ml santan kelapa kental, 2 lembar daun salam muda, 2 biji cengkeh, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 cm kayu manis, 1 sdt merica dna 1 sdt garam. Jika ingin membuat dalam jumlah yang banyak, Anda tinggal membuat jumlahnya menjadi 2 kali.

pickupimage.com
  1. Cara Membuatnya

Untuk membuat nasi uduk, cuci terlebih dahulu bahan-bahan yang bisa dicuci. Selanjutnya santan yang telah disiapkan direbus. Masukkan bahan-bahan lain yaitu, daun salam, cengkeh, batang serai, kayu manis, merica dan garam hingga panas. Selanjutnya masukkan beras dan aduk hingga merata. Tutup panci hingga santan sejajar dengan beras, sambil sesekali dilakukan pengadukan.

Jika santan sudah setara dengan beras. Matikan kompor dan aduk kemudian biarkan hingga santan menjadi asat. Sambil menunggu santan habis, bahan-bahan yang telah ditambahkan tadi, diambil satu persatu agar tidak mengganggu saat dikonsumsi. Jika sudah tidak ada sisa santan, kukus beras selama 30 menit atau sampai matang. Nasi uduk siap disajikan dengan berbagai macam lauk.

Nasi uduk di beberapa daerah dibuat untuk nasi kuning juga. Namun untuk penyajiannya sedikit berbeda, karena nasi kuning identik dengan tumpeng. Meskipun nasi kuning sekarang sudah disajikan seperti nasi uduk pada umumnya. Dilihat dari penampakannya, tentu sudah terlihat berbeda, meskipun bahan-bahan yang digunakan hampir sama namun pastinya ada perbedaan, yaitu dari sisi rempah yang digunakan.

Selain beras, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi kuning antara 900 mL santan, 5 cm kunyit, 2 batang serai, 4 lembar daun salam, 5 cm jahe, 2 cm lengkuas, 5 buah bawang merah, 2 lembar daun pandan dan 4 sdt garam. Bahan-bahan ini untuk membuat nasi kuning dengan beras 1 kg.

Cara membuatnya yaitu beras dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian rendam beras dengan menggunakan air bersih. Haluskan bahan yaitu kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah dan garam. Selanjutnya, santan yang disiapkan direbus dan ditambahkan dengan bahan-bahan yang telah dihaluskan dan diaduk hingga mendidih. Angkat santan dan beras yang telah direndam kemudian ditiriskan.

Saring santan dan bumbu-bumbu yang telah mendidih. Air hasil saringan kemudian direbus kembali dan masukkan beras. Rebus dengan menggunakan api kecil sambil diaduk agar beras tidak lengket pada bagian bawah panci. Masak hingga nasi setengah matang. Siapkan kukusan yang telah ada airnya, kemudian masukkan nasi setengah matang, serai dan daun salam. Kukus selama 30 menit atau hingga matang.

pickupimage.com

Lauk Pelengkap Nasi Uduk

Nasi uduk Jakarta dilengkapi lauk pelengkap yang beraneka macam antara lain telur dadar yang diris-iris, ayam suwir, mie goreng, kering tempe dan kacang, serundeng dan dilengkapi dengan kerupuk udang. Pada beberapa daerah yang mengadopsi nasi uduk Jakarta ini memiliki lauk yang berbeda. Seperti di kota-kota Jawa Timur, nasi uduk dilengkapi dengan lalapan, ayam goreng, ikan goreng ataupun bebek goreng.

Sambel Pelengkap Nasi Uduk

Kurang lengkap rasanya jika makan nasi uduk tetapi tidak disertai dengan sambel pelengkapnya. Salah satu keistimewaan nasi uduk ini adalah rasa sambelnya yang mantap. Sehingga membuat semua orang yang pernah mencicipi nasi uduk ini akan ketagihan setiap harinya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambel nasi uduk ini antara lain 10 buah cabe rawit, 3 buah cabe keriting merah, 3 butir bawang merah, 1 sdt terasi matang, 1 buah tomat berukuran sedang, garam dan gula secukupnya. Bahan-bahan yang bisa dicuci, dicuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih kemudian iris-iris bebas.

Cara membuatnya yaitu goreng cabe rawit, cabe keriting, bawang merah dan tomat hingga setengah matang lalu uleg kasar. Selanjutnya tambahkan terasi, gula dan garam. Koreksi rasanya apakah sudah pas atau masih kurang asin atau manis. Lalu siap disajikan bersama dengan nasi uduk dan berbagai macam lauk pelengkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *