Inilah Plus Minus Bisnis Kafe Yang Wajib Diketahui

Mungkin saat ini anda akan sangat mudah menemukan kafe bertebaran di berbagai tempat. Hal itu lah yang membuat bisnis ini kian dilirik karena perkembangan dari bisnis kafe sangat gesit. Dalam kurun waktu beberapa tahun saja sudah bermunculan kafe dengan konsep yang semakin beragam.

Apabila anda ingin memulai bisnis kafe maka anda harus mempertimbangkan plus dan minusnya.  Apabila sudah begitu maka pengembangan usaha anda akan jadi lebih mudah lagi. Dan anda pun akan mendapatkan banyak profit yang banyak. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari bisnis kafe.

Kelebihan

Pixabay.com

– Pembeli Jauh lebih Reguler

Maksud dari pernyataan tersebut adalah para konsumen kafe anda jauh lebih banyak langganan atau pembeli tetapnya daripada bisnis lainnya. Hal ini karena biasanya pembeli yang sudah nyaman dengan konsep kafe anda akan datang ke tempat tersebut lagi dan lagi.

Maka dari itu,  tugas anda adalah untuk menghadirkan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen sehingga mereka akan betah berada di kafe milik anda. Makanan merupakan sebuah objek bisnis yang sangat mudah menggaet pelanggan tetap. Maka dari itu tidak ada salahnya anda memulai mengenali karakter masing masing konsumen.

– Jika Sukses maka Perkembangan dari Kafe Sangat Mudah

Menyambung dari pernyataan yang ada diawal, kafe adalah objek bisnis yang memiliki loncatan karir dan pengembangan sangat mudah. Apalagi jika bisnis anda sudah dikenali oleh banyak orang. Maka sangat mungkin untuk cepat berkembang dan menelurkan banyak cabang.

Berkaca dari pengalaman kafe yang lain pasti ada di tempat anda yang sudah memiliki cabang sampai puluhan di kota kota lain. Hal ini tentunya sangat mungkin mengingat konsumen dari Kafe ini bertipe reguler

– Sasaran Pembeli Jauh lebih banyak

Manusia pasti butuh yang namanya makan, untuk mendapatkan makan biasanya orang orang akan mencari tempat dan jenis makanan yang sesuai dengan keinginannya. Sebuah tempat makan dan nongkrong yang berbeda dari biasanya pasti sangat menarik untuk dikunjungi. Dan setiap orang dari daerah manapun pasti bisa mengunjungi kafe anda jika kafe tersebut sudah terkenal.

Maka dari itu sasaran pembeli jauh lebih banyak. Walaupun jenis pemasaran yanh anda lakukan cenderung pasif, artinya usaha anda akan lebih maju jika pelanggan yang datang ke tempat anda buka anda yang menjualnya ke pelanggan. Disini pergerakan ada di tangan pelanggan sehingga kuncinya adalah menjadi magnet dan menarik pelanggan dari berbagai lini.

– Variasi jenis objek jual yang banyak

Keuntungan dari bisnis kafe adalah objek jual yang beragam. Seperti kita ketahui bahwa di kafe terdapat banyak menu dan tidak terpatok hanya pada satu jenis menu. Dengan begini anda bisa memvariasikannya

.Anda juga bisa menentukan menu andalan yang jadi ciri khas dari kafe anda. Untuk meminimalisasi kebosanan dari pengunjung terhadap menu menu tertentu maka solusinya dengan menghadirkan menu yang jumlahnya banyak. Namun tidak memudarkan ciri khas dari kafe anda terhadap salah satu menu.

Minus

Pixabay.com

– Makanan merupakan produk yang bisa kadaluarsa

Seperti kita ketahui, bahwa makanan dan minuman adalah produk yang memiliki batas kesegaran makan. Apalagi kafe adalah tempat menjual makanan siap saji. Makanan siap saji ini memiliki jangka waktu kadaluarsa yang relatif singkat. Sehingga anda harus pintar menyusun target penjualan yang pas karena jika salah sedikit saja maka makanan yang tidak terjual akan menimbulkan kerugian.

Meskipun saat ini sudah banyak inovasi yang membuat makanan tetap awet namun tetap saja kesegaran makanan tersebut akan turun nantinya malah bisa mengurangi kenikmatan dari makanan yang anda sajikan di kafe.

– Jangkauan dan penyebaran pasif

Seperti kita ketahui, bisnis makanan siap saji sangat berbeda dengab bisnis barang. Salah satu yang membedakannya adalah penyebaran penjualan yang pasif. Kita tidak bisa mengakses luar daerah yang memiliki waktu tempuh jauh dari tempat kita.

Maksudnya adalah, makanan tersebut tidak bisa diantar keluar dari circle tertentu sehingga penyebarannya tidak begitu jauh. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menarik pengunjung untuk bisa datang ke tempat anda. Maka dari itu pemasaran menjadi kunci dari pembukaan magnet ini.

– Modal yang cukup besar

Dalam berbisnis hal yang paling kita perhatikan adalah dalam hal permodalan. Modal merupakan batu pertama dalam membangun istana bisnis anda. Apabila modal bisa menampung bisnis anda maka istana bisnis yang anda bangun akan semakin kuat. Seperti halnya bisnis lainnya, untuk bisnis kafe juga memerlukan permodalan. Namun modal untuk bisnis kafe cukup besar dan sangat sulit dilakukan tanpa modal. Hal tersebut karena kafe memerlukan banyak variabel biaya sehingga modal yang dibutuhkan juga besar.

Modal tersebut mulai dari pemilihan tempat, dekorasi tempat, membeli perabotan meja dan kursi cafe, biaya bahan baku, biaya memasak, biaya operasional, biaya pemasaran, hingga biaya lain yang memang kita butuhkan agar bisnis semakin besar. Apabila anda memiliki modal sedikit sebaiknya urungkan niat anda dalam membangun kafe karena bisa saja kafe anda kalah saing dengan kafe lain yang modalnya besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *