Apa Saja Persiapan Masuk Poltekim? Simak Penjelasannya

Sekarang ini siapa sih yang tidak tertarik dengan perguruan tinggi kedinasan? Tentu saja hampir semuanya akan menjawah tertarik. Hal ini karena perguruan tinggi kedinasan dianggap dapat memberikan kemudahan dalam proses pencarian kerja setelah tamat nanti dan bahkan bisa diangkat langsung menjadi PNS.

Tentu saja penawaran ini menggiurkan bagi siapa saja. Oleh karena itu, tidak heran jika pendaftar perguruan tinggi kedinasan selalu meningkat setiap tahunnya. Banyaknya pilihan perguruan tinggi kedinasan di Indonesia membuat para siswa yang baru saja lulus dapat dengan mudah memilih instansi yang sesuai dengan minat mereka.

Salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM adalah Poltekim atau Politeknik Ilmu Keimigrasian. Peminat untuk menjadi calon taruna Poltekim sangat banyak. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk melakukan persiapan dengan matang guna menghadapi persaingan yang ketat nanti.

Perlu Anda ketahui, biaya kuliah selama menjadi taruna Poltekim adalah gratis. Jadi, tidak perlu dipusingkan dengan biaya kuliah yang sangat mahal. Bahkan biaya pendaftaran untuk seleksinya pun juga gratis. Selain itu, setelah tamat sebagai taruna Poltekim, Anda bisa langsung diangkat menjadi PNS.

pxhere.com

Para taruna Poltekim ini nantinya akan dididik agar siap menjadi petugas pemasyarakatan yang mumpuni dalam proses pelaksana teknis dan pengambilan keputusan serta menjadi manajer dan peneliti. Terdapat empat program studi yang ada di Poltekim, yakni keimigrasian, hukum keimigrasian, administrasi keimigrasian, dan juga manajemen teknologi keimigrasian.

Sistem seleksi yang berlaku di Poltekim adalah sistem gugur. Jadi, para peserta yang tidak bisa melewati tahap seleksi atau mendapatkan hasil yang memuaskan, maka ia akan dinyatakan gugur. Begitu pula dengan peserta yang bisa melalui setiap tahapan seleksi, maka ia akan dinyatakan lulus.

Agar bisa menjadi calon taruna dan mengikuti serangkaian seleksi yang tersedia, maka Anda harus memastikan jika memenuhi persyaratan. Oleh karena itu, terlebih dahulu Anda bisa melihat persyaratan untuk pendaftaran Poltekim melalui website resmi milik mereka agar Anda tahu apa saja yang harus dipersiapkan pada proses pendaftaran.

pxhere.com

Apa Saja Persiapan Masuk Poltekim?

Meskipun secara umum, persiapan yang dilakukan untuk mendaftar Poltekim sama seperti perguruan tinggi kedinasan lainnya. Akan tetapi, ada beberapa persiapan yang berbeda. Lalu, apa saja persiapan masuk Poltekim? Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Menyiapkan Dokumen

Pendaftaran perguruan tinggi kedinasan pasti memerlukan sejumlah dokumen yang harus diurus untuk memenuhi persyaratan. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan sejak jauh-jauh hari. Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan adalah kartu identitas, ijazah, akta kelahiran, dan surat lamaran bermaterai.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu membawa surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan sehat, dan surat pernyataan pelamar. Dokumen tersebut perlu disiapkan dengan baik agar tidak ada yang terlupa ataupun tertinggal pada saat proses pendaftaran. Jadi, sangat disarankan untuk menempatkan dokumen tersebut dalam satu file.

  1. Latihan Soal dan Materi

Setelah melewati proses pendaftaran, persiapan selanjutnya adalah latihan soal untuk ujian tertulis. Sama seperti perguruan tinggi kedinasan lainnya, Poltekim juga memberikan tes tertulis sebagai salah satu rangkaian ujian seleksi untuk para calon tarunanya. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan diri untuk menghadapi ujian tertulis ini.

Terdapat beberapa materi yang nantinya akan diujikan. Jadi, Anda diharuskan untuk mempelajari materi tersebut. Anda dapat membeli buku latihan soal untuk seleksi Poltekim ataupun mengunduh latihan soal di internet. Saat ini sudah ada banyak website yang menyediakan latihan soal beserta trik untuk menjawabnya.

pxhere.com
  1. Latihan Fisik

Sebagai calon taruna Poltekim, tentu saja Anda dituntut untuk memiliki fisik yang sehat dan prima. Oleh karena itu, Anda harus sering latihan fisik karena hal tersebut menjadi salah satu indikator penilaian oleh tim penguji. Anda bisa melihat di tutorial Youtube mengenai latihan fisik untuk ujian kedinasan.

  1. Menyiapkan Mental

Anda harus mempunyai mental yang siap sebelum mendaftar sebagai calon taruna Poltekim. Hal ini karena nantinya mental Anda akan ditempa dengan keras dan tegas. Maka dari itu, Anda diharuskan untuk menyiapkan mental sejak awal agar siap dalam menjalani serangkaian seleksi sebagai calon taruna.

Agar persiapan yang Anda lakukan semakin matang, Anda bisa mengikuti bimbel Poltekim yang secara khusus akan mengajarkan Anda mengenai materi serta kiat-kiat dalam menghadapi seleksi. Tenaga pengajar yang ahli dibidangnya dan telah bersertifikasi ini akan secara langsung mengajarkan Anda untuk menjadi calon taruna Poltekim.

Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan tempat bimbel Poltekim di berbagai daerah. Anda bisa mencari informasi tempat bimbel tersebut melalui teman ataupun mencarinya di internet. Dengan ikut bimbel, maka persiapan Anda dapat lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *