Kenali Dan Perhatikan, Ini Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia Yang Perlu Anda Ketahui

Bisakah Anda menyebutkan perbedaan kucing anggora dan persia? Kedua jenis kucing ini merupakan yang paling populer dan banyak digemari di Indonesia. Bentuk fisiknya yang lucu serta tingkah lakunya yang manja dan menghibur memang sangat menarik untuk dipelihara. Karena sifatnya yang sama-sama menggemaskan dan hampir mirip inilah, sebagian orang kurang bisa membedakan antara keduanya.

Perbedaan Kucing Anggora Dan Kucing Persia Dari Segi Fisik

Bagi pecinta kucing, mengenali perbedaan antara kucing anggora dan persia mungkin sangat mudah. Namun bagi orang awam, kedua jenis kucing ini mungkin terlihat mirip. Untuk itu, ketahui perbedaan keduanya dari segi tampilan fisiknya berikut ini:

  1. Bentuk Wajah

Kucing anggora memiliki bentuk wajah agak segitiga seperti kucing kampung dan terkesan tegas. Sementara kucing jenis persia umumnya memiliki bentuk wajah bulat yang menggemaskan. Jika dilihat dari samping, jenis persia punya dahi, hidung dan dagu yang tampak datar.

  1. Bentuk Tubuh

Tubuh kucing anggora dapat dikatakan ideal dengan bentuknya yang ramping agak memanjang dan otot yang lebih terlihat atau menonjol. Berbeda dengan kucing ras persia yang bentuk tubuhnya lebih gemuk dan bulat. Selain itu, kucing ras anggora juga lebih tinggi jika dibanding persia yang lebih pendek. Akan tetapi jika dilihat dari tampilannya, ras persia tampak lebih menggemaskan.

  1. Bulu Kucing

Kedua jenis kucing ini sama-sama merupakan jenis kucing berbulu panjang dan lebat. Perbedaannya, bulu kucing anggora tidak setebal dan selebat persia tapi memiliki bulu ekor yang dapat mengembang seperti ekor musang. Biasanya bulu kucing anggora hanya panjang dan tebal bagian surai dan ekornya saja. Berbeda dari persia yang memiliki bulu lebat di sepanjang tubuhnya.

  1. Corak Bola Mata

Corak bola mata kucing anggora biasanya terlihat lebih sangar dengan tatapan yang tajam. Sementara pada jenis persia, corak bola matanya lebih bervariasi dan terlihat lebih cantik dibandingkan kucing anggora yang tampak tegas.

  1. Bentuk Hidung Kucing

Kucing ras Anggora mempunyai hidung yang agak mancung dan menampakkan lekukan pada wajahnya. Sedangkan bentuk hidung kucing ras persia kebanyakan pesek (peaknose) atau agak pesek (flatnose).

  1. Bentuk Telinga Kucing

Telinga kucing anggora cenderung lebih runcing dan panjang serta ada bulu-bulu halus yang tumbuh di bagian ujungnya. Sedangkan pada kucing persia, bentuk telinganya lebih pendek dan tampak membulat kecil di ujung daun telinganya.

  1. Bentuk Kaki Kucing

Melihat dari postur tubuhnya, perbedaan kucing anggora dan persia memang begitu jelas terlihat pada bagian kaki. Bentuk kaki kucing anggora hampir mirip dengan kaki kucing lokal yang lebih ramping dan tinggi. Dibandingkan dengan kucing jenis persia yang bentuk kakinya lebih pendek dan besar. Hal ini tentu sesuai dengan bentuk tubuh masing-masing kucing.

  1. Ekor Kucing

Selain bentuk wajah dan bagian tubuh, kedua jenis kucing peliharaan ini ternyata juga memiliki perbedaan pada bagian ekornya. Meski sama-sama punya ekor panjang, namun bulunya terlihat berbeda. Jika bulu pada ekor kucing anggora cukup tebal seperti kemoceng atau ekor musang. Maka berbeda dari bulu pada ekor kucing ras persia yang tidak selebat dan sepanjang kucing anggora. Meski pada dasarnya sudah lebat dan panjang seperti bulu pada tubuhnya.

Perbedaan Kucing Anggora Dan Kucing Persia Secara Umum

Tidak hanya dari segi tampilan fisik, kucing anggora dan persia juga memiliki beberapa perbedaan lain. Diantaranya yaitu:

  1. Negara Asal

Walaupun bisa ditemukan di Indonesia, kedua jenis kucing ini sebenarnya bukan berasal dari dalam negeri. Di mana kucing anggora berasal dari Ankara di Turki yang konon dikenal sejak tahun 1600 m. Sementara kucing ras persia berasal dari daerah Persia (sekarang Iran) dan pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1620 hingga akhirnya sampai ke Indonesia.

  1. Sifat atau Kepribadian Kucing

Kucing anggora memiliki sifat yang lebih aktif, suka berlari-larian dan bermain, energik serta penurut. Kucing jenis ini juga terbilang cerdas, mudah dilatih dan suka berinteraksi dengan manusia. Sedangkan kucing jenis persia sifatnya lebih pendiam, penurut, malas dan senang bermanja-manja dengan pemiliknya.

  1. Daya Tahan Tubuh Kucing

Daya tahan kucing anggora terhadap penyakit sangatlah baik sehingga ia jarang sakit. Berbeda dengan ras persia yang memiliki daya tahan tubuh rendah dan rentan terkena penyakit. Akan tetapi meski begitu, keduanya harus tetap dijaga kesehatannya agar tidak membahayakan jiwa kucing.

Itulah beberapa perbedaan kucing anggora dan persia yang perlu Anda kenali. Jika Anda berniat memelihara kucing, kedua jenis kucing ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda. Untuk menentukannya, ada baiknya pertimbangkan perbedaan-perbedaan di atas untuk memilih mana yang terbaik untuk menjadi peliharaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *