Pengertian, Tahapan dan Jenis Respirasi

Respirasi adalah suatu proses menghirup udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida di dalam tubuh. Dapat di simpulkan bahwa respirasi adalah semua proses dari mulai udara yang terhirup oleh rongga hidung hingga proses penyebaran udara oleh pembuluh kapiler dan sampai dengan udara di keluarkan kembali dalam bentuk zat yang lain.

Fungsi oksigen di dalam tubuh manusia sendiri adalah untuk membakar zat-zat makanan atau sering pula disebut dengan proses oksidasi. Istilah lain dari proses oksidasi adalah oksidasi biologi. Ketika sedang terjadi proses oksidasi biologi maka akan menghasilkan yang akan mengeluarkan zat berupa karbon dioksida atau co2 dan juga uap air.

Tahap Respirasi

Adapun tahapan dalam proses respirasi ini terdiri dari dua tahap. Yang pertama adalah respirasi luar atau eksternal. Respirasi eksternal ini adalah proses masuknya oksigen atau o2 dari luar tubuh ke dalam aliran darah dan berakhir dengan mengeluarkan lagi zat lain berupa karbon dioksida atau co2.

Sementara itu, tahapan berikutnya adalah di sebut dengan respirasi dalam atau internal. Tahapan respirasi internal adalah proses pertukaran antara gas oksigen ke aliran darah menuju sel-sel tubuh  atau sebaliknya yaitu dari sel-sel tubuh menuju ke aliran darah. Antara proses respirasi eksternal maupun internal berjalan dengan cepat dan di lakukan secara terus menerus selama manusia masih hidup dan bernafas.

Jenis Respirasi

Ada beberapa jenis respirasi berdasarkan beberapa kategori. Berikut ini adalah jenis-jenis dari respirasi.

1. Bernafas

Proses bernafas adalah mengambil dan mengeluarkan zat oksigen dan juga karbon dioksida. Pertukaran gas oksigen ke karbon dioksida ini juga di lakukan oleh sel dengan lingkungannya. Terjadi juga reaksi enzim di dalam tubuh yaitu enzim sitokrom ketika menggunakan oksigen dari dalam.

2. Pertukaran gas

Pertukaran gas di bagi menjadi dua yaitu pernafasan langsung dan tidak langsung. Pernafasan langsung adalah adalah proses oksigen dari lingkungan difusi masuk ke sel dan oksigen tersebut di lepas dalam lingkungannya. Sedangkan pernafasan tidak langsung adalah pertukaran gas dengan sel di dalam tubuh.

Nah itulah sekilas mengenai respirasi. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *