Pengertian Alquran Dan Keutamaannya Bagi Hidup Manusia

Setiap agama atau kepercayaan yang dianut oleh manusia akan memiliki kitab suci yang berisi tentang berbagai pedoman hidup bagi umatnya. Kitab suci yang diyakini setiap agama juga bukan hanya sekedar pedoman untuk di baca namun menjadi salah satu kitab yang isinya bahkan harus sangat di pahami dan di gunakan dalam kehidupan manusia maka dengan menggunakan kitab suci agama sebagai pedoman hidup manusia akan dapat hidup dengan baik dan menjalani aturan hidup sesuai dengan yang diajarkan oleh agama yang di anut oleh mereka. Bagi seorang muslim yang menganut dan percaya kepada Allah SWT sangat wajib untuk percaya pada Al Qur’an. Al-Qur’an merupakan wahyu yang di turunkan kepada Baginda Rosulullah Nabi Muhammad SAW dan membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk merangkai menjadi satu buah Al-Qur’an yang dapat di jumpai saat ini. Bagi seorang muslim Al-Qur’an adalah pedoman kehidupan yang akan menuntun manusia untuk selalu menjalankan kehidupan sesuai dengan syariat dan aturan ajaran Islam dan akan mampu membuat manusia hidup dalam kebaikan dan kebajikan serta jauh dari perbuatan terlarang yang akan menimbulkan dosa bagi manusia  yang melakukan kesalahan tersebut. Itu adalah gambaran umum tentang pengertian alquran secara umum bagi sebagian orang.

pixabay.com

Pelajaran Moral Yang Dapat Anda Jumpai Dalam Al-Qur’an

Sedangkan pengertian alquran menurut ejaan Bahasa Indonesia adalah kitab suci Agama Islam yang di turunkan kepada Nabi Muhammad dan menggunakan bahasa Arab. Al-Qur’an menekankan isi tentang moral dan pedoman hidup bagi seorang muslim namun ada sebagian ayat di dalam Al-Qu’an yang menjelaskan tentang sejarah kitab yang lainnya dan juga perkembangan dari Agam Islam. Ada banyak hal yang dapat di petik dari Al-Quran yang akan membuat manusia dapat menjalani kehidupan layak sebagai salah satu makhluk yang memiliki akal dan mampu berpikir dengan lebih sempurna di bandingkan dengan makhluk lain yang ada di dunia. Beberapa ajaran moral yang dapat anda pelajari dari AL-Qur’an adalah:

  1. Menjalin hidup berdampingan. Ada tat cara untuk berhubungan dengan sesama musli seperti adab dalam menyampaikan salam saat bertemu dengan sesama muslim dan juga bagaimana memperlakukan orang-orang yang ada di sekitar kita dengan sifat dan perilaku yang baik. Bagaimaa cara meminta maaf setelah melakukan kesalahan dan juga bagaimana cara untuk hidup tanpa merugikan orang lain.
  2. Menerima perbedaan. Di dunia ini perbedaan sudah pasti akan ada dan di dalam Al-Qur’an salah satu cara untuk menghadapi perbedaan yang ada di dalam masyarakat adalah dengan ara saling memahami dan toleransi bahkan beberapa surat yang ada di dalam Al-Qur’an menjelaskan tentang bagaimana cara bersifat terhadap adanya perbedaan keyakinan di dalam masyarakat.
  3. Selalu berbuat kebaikan. Manusia juga selalu diajarkan untuk berbuat kebaikan dengan berbagai penjelasan tentang hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh manusia. Manusia yang mampu memahami AL-Qur’an dengan baik akan selalu mampu menahan diri untuk berbuat buruk dan akan selalu semangat dalam menjalankan kebaikan yang akan semakin mendekatkan mereka depada Allah SWT.
pixabay.com

Manfaat Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia Di Dunia

Sebagai seorang musli selain paham tentang pengertian alquran juga sebaiknya juga harus memahami tentang manfaat AL-Qur’an bagi manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia. Yang pertama manusia akan mendapatkan banyak ajaran tentang cara untuk berbisnis dan juga mencari nafkah yang halal sehingga dapat memberikan nafkah yang barokah kepada keluarkan karena memang ada beberapa surat di dalam AL-Qur’an yang menjelaskan tentang etika menjalankan bisnis. Yang kedua adalah ada dapat memberikan perasaan damai bagi manusia. Muslim yang mampu menjalankan kehidupan sesuai dengan apa yang di sebutkan di dalam kitab suci agama islam ini akan membuat muslim dapat hidup dengan tenang dan seimbang antara dunia dan akhirat karena sudah sangat yakin jika rezeki sudah ada yang mengatur dan akan selalu datang dengan cara yang tidak terduga sekalipun. Bagi anda yang memiliki banyak masalah dalam hidup juga dapat mengatasi masalah tersebut dengan memahami AL-Qur’an karena tidak ada masalah yang tidak dapat diberikan solusi justru anda yang mengalami masalah namun mau belajar dari apa yang disebutkan di dalam AL-Qur’an tidak hanya akan membuat anda mendapatkan pembelajaran yang berharga dan bermanfaat namun juga akan membuat anda menjadi individu yang lebih mawas diri dan semakin dekat dengan Allah SWT.

Sesungguhnya dengan AL-Qur’an manusia telah mendapatkan pedoman hidup yang sangat meyakinkan karena AL-Qur’an adalah petunjuk yang datang langsung dari Allah SWT melalui para Rosul dan Nabinya. Jika anda mau memahami dan melaksanakan semua isi yang ada di  AL-Qur’an  maka anda akan menjadi orang yang baik dan bertakwa di dunia dan akan memiliki derajat yang tinggi dan muli saat di akhirat. Karena orang yang mampu melaksanakan kehidupan sesuai dengan yang ada di dalam AL-Qur’an akan memiliki kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat bahkan tidak akan mengambil keputusan yang salah atau keputusan yang akan membawa dosa dan merugikan diri mereka sendiri dan juga merugikan orang yang ada di sekitar anda termasuk itu juga dijelaskan di dalam surat al ma’arij.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *