Mengenal Tambulampot Durian dan Cara Menanamnya

Siapa yang tidak mengetahui tentang buah durian? Semua orang pastinya paham, apalagi buah durian ini memiliki bau yang cukup menyengat bahkan rasanya yang terbilang cukup lezat. Buah durian ini begitu diminati oleh banyak orang di seluruh Indonesia, bahkan banyak orang yang akan melakukan segala cara untuk mengonsumsi buah durian ini.

Permasalahan Ketersediaan Pohon Durian

Banyak orang yang ingin mengonsumsi buah durian ini, hanya saja terdapat sebuah kendala di mana keterbatasan lahan ini seringkali menjadi salah satu penghalang bagi sebagian orang. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan permasalahan lahan ini, ada solusi untuk mengatasinya. Di mana solusi tersebut adalah tabulampot durian.

Mengenal Tambulampot Durian dan Fungsinya

Tabulampot adalah singkatan dari Tanam Buah di dalam Pot. Jadi, tabulampot sendiri adalah menanam buah durian menggunakan media tanamnya yaitu pot. Bukan hanya menggunakan pot, ada beberapa pembudidaya yang juga menggunakan drum. Biasanya untuk penanaman buah durian ini akan dikondisikan sebaik mungkin agar durian tetao berbuah meskipun pohonnya pendek.

Keunggulan dari metode tabulampot ini sendiri lebih efektif dalam meminimalisir lokasi penanaman karena begitu mudah juga untuk dipindahkan. Selain itu, untuk proses pembuahan durian ini juga bisa berlangsung sangat cepat dikarenakan pupuk tanaman bisa terserap dengan maksimal. Untuk beberapa jenis durian yang bagus ditanam dengan metode ini adalah durian pelangi dan durian merah.

Untuk melakukan penanaman durian dengan metode tabulampot ini sendiri akan jauh berbeda dengan metode tanam pada lahan biasanya. Hanya saja nantinya pohon akan membutuhkan perawatan yang rutin agar bisa berbuah jauh lebih cepat kemudian memiliki pohon pendek dan juga rimbun.

Setelah durian di tanam di dalam pot, Anda hanya perlu memeliharanya dengan baik agar bisa tumbuh secara optimal dan juga bisa berbuah dalam waktu yang cepat. Anda harus melakukan penyiraman secara rutin agar bisa tumbuh dengan optimal. Usahakan melakukan pemangkasan pohon juga agar tumbuh pohon tidak terlalu tinggi dengan metode tabulampot ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *