Cara Memindah Aplikasi Ke Kartu SD Dengan Mudah

Pasti kita pernah mengalami yang namanya internal memory penuh, padahal kita sedang melakukan download yang alhasil download an kita menjadi sia-sia. Memang secara review sebuah ponsel android disana tertera 2/16 Gb, namun yang kita dapatkan hanya sekitar 5 Gb saja internal memory yang masih kosong, lalu dimana yang 11 Gb.

Untuk yang 11 Gb tersebut digunakan untuk menjalankan system android, dimana kita tidak akan bisa menemukan file system tersebut bila ponsel kita belum di root.

pexels.com

Cara mengatasi internal memory Penuh

Lalu bagaimana cara mengatasi internal memory yang sedikit tersebut? Beberapa ponsel android melitakan sebuah slot khusus untuk memory eksternal biasanya slot microSD, dimana slot tersebut tergabung didalam slot SIM. Untuk pemakaian microSD sendiri cukup mudah tinggal masukan microSD kedalam slot dan lakukan format bilamana microSD tersebut baru kita beli.

Namun terkadang ada masalah yang membuat kita bingung, setelah menambahkan microSD kenapa penyimpanan kita tetap penuh, permasalahan tersebut dikarenakan settingan yang kita gunakan untuk menyimpan sebuah file aplikasi android masih diletakan di internal memory, sehingga penyimpanan yang digunakan masih menggunakan internal memory. Lalu bagaimana cara kita menggunakan settingan agar tersimpan ke microSD

Cara memindahkan aplikasi ke eksternal memory

Bagi yang ingin menggunakan microSD sebagai alat penyimpanan internal tentu saja kita harus mensetting agar microSD tersebut bisa terbaca sebagai penyimpanan internal. Cara inipun bisa kita gunakan agar kita bisa memindahkan aplikasi android yang terlalu besar kedalam microSD kita. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat microSD terbaca sebagai internal memory sekaligus cara memindahkan aplikasi ke eksternal memory.

  1. Masukan microSd yang kita punya kedalam slot
  2. Kemudian pergi ke sistem setting dan pilih opsi penyimpanan

Jika microSD kita sudah terbaca maka akan terlihat jumlah size atau besar penyimpanan antara internal memory dengan eksternal memory kita.

  1. Setelah terbaca klik pada bagian strip tiga yang ada pada pojok kanan atas
  2. Pilih setelan penyimpanan, nah jika sudah sampai disini kita harus sudah siap melakukan format microSD, pastikan kamu melakukan bacup terlebih dahulu data yang ada di microSD karena ketika kita melakukan format semua data yang ada didalamnya akan hilang
  3. Kemudian format kartu memory
  4. Dan pastikan terlebih dahulu kamu melakukan centang memformat microSD sebagai kartu internal memory
  5. Tunggu hingga proses formating selesai, jangan sampai kamu mncabut atau mematikan ponsel kamu, karena bisa menyebabkan microSD menjadi rusak
  6. Setelah proses formating selesai kamu harus memilih pindahkan konten nanti, karena jika kita tidak melakukannya maka semua konten yang ada dalam internal memory ponsel akan tercopy kedalam microSD kita
  7. Jika sudah selesai lihat apakah jumlah internal kita bertambah dengan melakukan penambahan microSD sebagai internal memory.

Cara memindahkan aplikasi dari internal memory ponsel ke eksternal memory

pexels.com

Kemudian kita beralih ke cara memindahkan aplikasi dari internal memory ponsel ke eksternal memory atau microSD.

  1. Pilih menu setting kemudian pilih opsi installed Apps
  2. Disana akan terlihat semua aplikasi yang ada dan terinstal di ponsel kita
  3. Pilih aplikasi yang akan kita pindahkan ke microSD kita
  4. Setelah memilih kemudian klik dibagian ganti, dimana menu ini adalah jalan kita agar kita bisa memindahkan aplikasi kedalam microSD kita.
  5. Kemudian pilih pindahkan ke penyimpanan microSD atau eksternal memory
  6. Kemudian tekan pindahkan
  7. Setelah itu tunggu hingga proses pemindahan selesai
  8. Setelah selesai aplikasi yang tadi kamu pindahkan sekarang sudah berada di kartu eksternal memory atau microSD kamu.

Yang perlu diperhatikan adalah jika kalian menggunakan eksternal memory sebagai internal memory dari ponsel kalian maka jangan pernah mencabut microSD kalian selama kalian masih menggunakan aplikasi tersebut, karena biasanya aplikasi yang ada didalam microSD tersebut masih ada shortcut di ponsel kalian, jika kalian menggunakan aplikasi tanpa microSD didalamnya, yang terjadi adalah aplikasi tersebut menjadi rusak atau akan mendownload ulang semua data kedalam internal memory kalian.

Tidak kalah pentingnya, cara atau langkah diatas hanya bisa dilakukan oleh android untuk versi marsmallow keatas, jadi perhatikan juga versi dari android yang kalian punya, jika versinya lebih rendah maka tips diatas tidak bisa kalian terapkan.

Dan tidak semua ponsel bisa melakukan pindah aplikasi ke dalam microSD, karena ada beberapa ponsel yang sangat protectif dalam pemindahan file, seperti ponsel xiaomi dengan MIUI 10, dimana kita tidak akan bisa melakikan pemindahan aplikasi kedalam microSD

Sebenarnya walau kita tidak bisa melakukan pemindahan aplikasi secara manual seperti diatas, kita masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga agar kita bisa memindahkan aplikasi kedalam microSD.

Aplikasi tersebut sudah banyak tersedia di google play store, atau kalian bisa mencarinya di https://www.mastekno.com. Namun juga perlu diketahui, jika kita melakukan pindah aplikasi ke microSD kemungkinan aplikasi macet atau corrupted akan sangat besar, maka berhati-hati jika kita akan melakukan pemindahan aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *