Membuat Kusen Aluminium

Aluminium merupakan salah satu jenis logam yang sering didaur ulang. Tidak heran jika ketersediaan logam ini sangat melimpah. Aluminium merupakan konduktor atau penghantar listrik yang baik. Logam ini dapat ditempa ke dalam bentuk lembaran, diekstrusi menjadi batangan dan dapat ditarik menjadi kawat. Kelebihan dari logam ini adalah tahan terhadap korosi.

Salah satu kegunaan dari aluminium adalah sering dijadikan sebagai bahan pembuatan peralatan rumah tangga. Selain itu, aluminium juga dapat dijadikan untuk gagang pintu hingga bingkai jendela. Logam ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan makan, seperti sendok dan garpu.

pixabay.com

Selain itu, aluminium juga dapat dijadikan sebagai pembungkus makanan dengan bentuk aluminium foil. Bahkan, logam ini juga dijadikan sebagai bahan pembuatan dekorasi rumah, pagar, hingga dijadikan sebagai penghilang kerut pakaian. Salah satu kegunaan aluminium yang bisa Anda praktekan di rumah adalah membuat kusen dari aluminium.

Umumnya kusen terbuat dari kayu. Kusen merupakan bagian dari pintu atau jendela yang dijadikan sebagai dudukan pada pintu atau jendela yang ada di rumah Anda. Kusen adalah bagian yang yang penting pada saat pembangunan rumah. Fungsi dari kusen adalah sebagai penghubung antara satu ruangan dengan lainnya, sebagai pangatur sirkulasi udara dan untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat kusen rumah dengan menggunakan aluminium? Tentunya untuk membuat kusen harus mengetahui cara memotong aluminium yang baik dan benar. Melakukan proses pemotongan aluminium bukanlah pekerjaan yang mudah. Dalam prosesnya dibutuhkan alat khusus yaitu mesin pemotong aluminium.

Mesin pemotong aluminium ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dipasaran. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Namun pilihan lainnya bagi Anda yang ingin membuat sesuatu dari aluminium dan tidak memiliki alat potong, Anda dapat menggunakan jasa CNC router untuk melakukan pemotongan.

Cara Membuat Kusen dari Aluminium

pixabay.com
  1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Tentunya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan  digunakan untuk pembuatan kusen. Alat dan bahan inilah yang akan Anda gunakan selama proses pembuatan kusen aluminium. Alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah bor, sekrup atau obeng, sealent dan baji.

Selain itu, Anda perlu menyiapkan aluminium sebagai bahan utama, spidol, meteran dan mesin pemotong aluminium. Perhatikan alat dan bahan yang telah Anda siapkan. Pastikan semua bahan telah tersedia dan alat yang akan Anda gunakan dalam keadaan baik untuk keselamatan dan keberhasilan pembuatan kusen aluminium.

  1. Memilih dan Menyiapkan Aluminium yang Terbaik

Selanjutnya adalaha yang harus Anda lakukan adalah memilih aluminium yang akan Anda gunakan untuk membuat kusen. Pastikan Anda memilih aluminium dengan kualitas yang baik mengingat aluminium merupakan bahan utama dalam pembuatan perkakas ini. Aluminium yang berkualitas adalah aluminium yang tidak mudah keropos, tidak mudah lapuk, tidak mudah memuai dan tahan pada segala cuaca dan iklim.

  1. Memotong Aluminium Sesuai Ukuran

Setelah memilih aluminium yang berkualitas, selanjutnya adalah melakukan pengukuran dan pemotongan aluminium. Potong aluminium menjadi beberapa bagian yang nantinya akan dijadikan kusen. Pastikan Anda mengutamakan keselamatan dalam melakukan proses pemotongan ini.

Sebelum memotong aluminium, pastikan Anda telah melakukan pengukuran sehingga ukuran aluminium yang didaptkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tandai bagian aluminium yang akan dipotong dengan menggunakan spidol. Gunakan meteran untuk mengukur aluminium yang akan dipotong.

Potong bagian yang telah ditandai dengan menggunakan mesin pemotong aluminium. Ambil bagian yang dibutuhkan dan pisahkan dengan sisa bagian aluminium.

  1. Membuat Bagian Kusen Aluminium

Langkah selanjutnya adalah memotong kembali aluminium yang sudah diotong menjadi beberapa bagian. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mempermudah pekerjaan Anda saat melakukan proses penyambungan kusen. Beri tanda pada bagian aluminium yang akan dipotong.

Potong bagian aluminium yang telah diberi tanda dengan menggunakan mesin pemotong aluminium. Sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah tetap menjaga keselamatan dan  berhati-hati dalam melakukan proses pemotongan.

  1. Menyambung Kusen

Jika semua bahan dan potongan telah siap, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merakit atau menyambung kusen. Tentunya ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum menyambungkan kusen siap pasang. Caranya, siapkan dua buah aluminium yang akan disambungkan.

Setelah itu, bor bagian sela pada kedua bagian aluminium dengan menggunakan mesin bor. Tanamkan fiser pada bagian yang telah dibor. Kemudian tempatkan sekrup pada fiser. Kusen aluminium siap untuk dipasang pada bagian rumah Anda.

Dalam proses memotong aluminium, hal pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah keselamatan kerja. Bukan tidak mungkin kecelakaan bisa terjadi saat Anda melakukan pekerjaan. Untuk itu, dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian dalam proses pemotongan. Jika Anda merasa khawatir untuk melakukan proses pemotongan sendiri, Anda dapat menggunakan jasa CNC router untuk membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *