Macam-Macam Olahan dari Beras Ketan

Beras Ketan merupakan beras yang apabila dimasak mendapat julukan sebagai ketan. Beras ketan terdiri dari 2 jenis. Hakni beras ketan putih dan beras ketan hitam. Biasanya, beras ketan dimasak dengan dua cara. Yakni, dimasak dikukus atau dimasak dengan menggunakan magic com. Beras ketan juga biasa dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan tradhisional yang menjadi ciri khas kekayaan kuliner Nusantara.

1) Nama Beras Ketan

Di Filipina, Beras ketan memiliki nama Manangkit, yang berasal dari bahasa tagalog dan artinya adalah legit. Sementara dalam bahasa Mandarin dikenal dengan sebutan Noumi.

2) Hidangan Beras Ketan

Hidangan beras ketan sangat beragam. Aneka ide mulai dari cara memasaknya yang digoreng, dikukus, dipanggang hingga direbus menjadikan bahan dasar ketan ini lahir ke dalam berbagai macam bentuk makanan, seperti:

  • Bubur Ketan, bubur ketan memiliki tekstur yang cair dan kental. Dimasak dengan cara direbus dengan campuran gula dan sedikit garam serta diberi beberapa daun lembar daun pandan yang berfungsi sebagai pewangi bubur ketan sehingga memiliki ciri khas yang menggoda.
  • Rengginang, Rengginang ini merupakan salah satu makanan yang berbentuk kerupuk. Sebelum diolah menjadi rengginang, ketan yang sudah dijadikan satu dalam bentuk pipih dijemur hingga kering. Begitu kering, bisa langsung digoreng dalam minyak panas namun api kecil agar rengginangnya bisa mekar dan jadi besar.
  • Brem, merupakan sebuah makanan tradhisional yang terbuat dari beras ketan dn merupakan makanan hasil fermentasi.
  • Dodol, dodol juga merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan. Tekaturnya yang lengket menjadikan dodol sebagai salah satu maknan yang dijadikan sebagai bahan oleh-oleh dan juga bisa pula dijadikan camilan atau wejangan tamu. Salah satu dodol yang terkenal adalah dodol garut.
  • Lupis, makanan tradhisional yang juga terbuat dari beras ketan, hanya saja bedanya lupis ini dicampur dengan gula merah dan merupakan beda dari kue putu.
  • Onde-onde, makanan berbentuk bulat yang satu ini dimasak dengan cara digoreng. Di bagian tengahnya memiliki ruang yang berisi kacang hijau berasa manis dan pada bagianluarnya memeiliki totol-totol wijen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *