Klasifikasi dan Jenis Cabai

Cabai adalah salah satu jenis buah kategori terong-terongan yang memiliki cita rasa pedas. Berbuah lebih kecil dari terong, dan merupakan masuk ke dalam kategori genys Capsicum Annum L. Ciri yang teelihat begitu jelas dari sayur ini adalah rasanya yang ledas serta mampu menambahselera makan bagi para Pecintanya. Tidak hanya itu, kandungan-kandungan yang ada di dalam cabai ini pula mampu menjadikan tubuh sehat.

1) Klasifikasi dan Morfologi Cabai

Tanaman cabai berasal dari Kingdom Plantae dan bergenus Capsicum. Memiliki cita rasa pedas, dan membuat kulit panas jika terkena gesekannya meski tidak secara langsung, hilangnya lumahan lama. Tanamn cabai ini mmiliki bentuk perdu, dengan tajuk lebar dan terdapat banyak sekali gagang berdaun. Gagang-gagang verdaun ini memiliki berbagai macam cabang yang berbunga dan setiap bunga berkemungkinan menjadi buah cabai.

Morfologi tanaman cabai yakni, berdaun tunggal yang agak bulat dan kecil namun dengan sisi pangkal yang menyempit. Selain itu, ujung daunnya runcing, dengan tinggi pohonnya kisaran 50 – 120 cm. Tidak hanya itu, tampilan bunganya yang keluar dari kuncup daun dan berbentuk lancip pada ujungnya memiliki warna putih cenderung kekuningan ketika berbuah akan muncul dari tengah-tengah buahnya.

2) Jenis Cabai

Jenis cabai Di antaranya ada cabai merah yang terdiri dari ukuran besar dan ada pula yang berpenampilan keriting. Ada yang berwarna hijau besar dan ada pula yang verbentuk keriting. Ada pula cabai rawit yang terkenal tajam pedasnya, ada pula cabai paprika yang merupakan berukuran raksasa serta berbentuk bulat agak sedikit lonjong.

3) Penggunaan cabai berdasarkan jenisnya

Cabai rawit nerah dan cabai merah besar, biasabya digunakan dalam campuran makanan berupa dihaluskan dengan cara vlebder atau diulek. Biasa dimasukan ke dalam olahan makanan atau bahwan menjadi cocol gorengan. Semwntara buah cabai hijau besar atau rawit besar pun demikian, memiliki oeran yang hampir sama dengan cabai merah, hanya saja tidak sepedas cabai merah. Sedangkan cabai paprika biasa diiris untuk dimasak bersama tumisan atau sayuran, atau karena bentuknya yang lebih unik dari vabai lainnya sehingga cenderung digunakan sebagai hiasan makanan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *