Kandungan Kunyit yang Berpotensi untuk Dioptimalkan

Informasi mengenai manfaat dari kunyit untuk tubuh tentu sudah sering Anda dengar. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa saja kandungan kunyit yang menjadikannya begitu spesial? Jika belum, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut mengenai kandungan kunyit yang sangat berpotensi untuk dioptimalkan dengan baik. Simak ulasannya berikut ini.

Informasi Seputar Tanaman Kunyit

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami sajikan informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan tanaman kunyit serta kandungan kunyit.

1. Klasifikasi Kunyit

Kunyit yang memiliki nama latin curcuma domestica val, merupakan tanaman umbi jahe-jahean yang berasal dari dataran Asia. Tanaman ini memiliki daun memanjang, batang semu tegak dengan ketinggian sekitar 70cm, serta akar serabut. Kunyit termasuk ke dalam marga curcuma, dengan ciri khusus berupa rimpang.

2. Kandungan Zat Pada Kunyit

Melihat banyaknya manfaat dari tanaman kunyit, lantas apa saja sebenarnya kandungan zat kunyit tersebut? Pada saru ruas atau rimpang kunyit ternyata setidaknya ada empat zat kimia.

  1. Curcuminoid

Zat pertama yang ada dalam kunyit adalah curcuminoid. Zat warna ini merupakan kombinasi 3-4% zat-zat tertentu yang terdiri dari curcumin, desmetoksikurkumin, dihidrokurkumin dan zat bisdesmetoksikurkumin.

  1. Mineral

Selanjutnya terdapat mineral dalam setiap ruas kunyit, seperti magnesium, zat besi, kalium, timbal, seng dan lain sebagainya.

  1. Minyak atsiri

Kandaungan minyak atsiri sekitar 2-5% yang merupakan kombinasi dari beberapa zat, seperti kurlon kurkumol, seskuiterpen dan beberapa zat turunan fenilpropana turmeron, bisabolen, serta zat pendukung lainnya.

  1. Zat lain

Selain zat yang sudah disebutkan di muka, terdapat kandungan zat kimia lainnya pada tanaman kunyit. Kandungan kunyit tersebut adalah arabinosa, fruktosa, tanin, gula dan sebagainya.

 

Itu dia penjelasan rinci mengenai kandungan kunyit yang berpotensi untuk dioptimalkan dengan baik. Jika Anda mampu mengoptimalkan masing-masing zat, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan beragam manfaat yang lebih besar. Selengkapnya silakan perbanyak referensi dari sumber lain yang relevan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *