Kabupaten Berau 

Kabupaten Berau adalah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur. Ibukotanya Tanjung Redeb. Pada sensus 2010 lalu, jumlah penduduk kabupaten ini sebanyak 179.079 km2 dan luas wilayahnya sebesar 34.127,47 km2.

Tentang Kabupaten Berau

Sejarah

Wilayah Berau berasal dari sejarah panjang masa silam. Berau dulunya merupakan wilayah kesultanan. Raja pertamanya bernama Baddit Dipattung, (digelari Aji Raden Surya Nata Kesuma). Sedangkan istrinya, bernama Baddit Kurindan, bergelar Aji permaisuri.Waktu  itu, pusat pemerintahan kerajaan Bereu berada di kawasan sungai lati, saat ini dijadikan lokasi pertambangan.

Wilayah Adminsitrartif

Kabupaten Berau terdiri dari sebanyak 100 desa, 10 kelurahan dan 13 kecamatan. Bureu berbatasan dengan wilayah-wilayah disekitarnya. Di Timur, dengan Laut Sulawesi dan Selat Makasar. Di utara, dengan Kalimantan utara. Sedangkan di Selatan, beratasan dengan Kabupaten Kutai Timur.

Keanekaragaman hayati di Berau

Kabupaten Berau dianugerai keanekaragaman hayati. Beberapa flora dan fauna hidup disana diantaranya (80%) merupakan jenis tanaman langka dan terancam punah dalam daftar IUCN. Di Berau, juga ditinggali berbagai hewan langka yang juga terancam punah. Diantaranya, Monyet belalai/Bekantan, Siamang, Banteng dan Orangutan Kalimantan.

Wisata

Selain flora dan Fauna langka, Kabupaten Berau punya berbagai destinasi wisata. Salah satu yang terkenal dan sudah mendunia yakni Pulau Derawan. Pulau Derawan menawarkan beragam ekosistem laut yang masih alami, dan merupakan tempat menyelam paling digemari. Pada tahun 2005, Kepulauan Derawan masuk kandidat calon situs warisan Dunia UNESCO.

Kepaluan Derawan merupakan kumpulan pulau terdiri dari Pulau Derawan, Kakaban, maratua dan Pulau Sangalaki. Di Pulau Derawan, banyak sekali hewan langka dilindungi. Seperti paus, lumba-lumba, penyu hijau dan lainya. Pasir di Kepulauan Derawan sangat halus dan berwarna putih bersih.

Di derawan, anda akan menjumpai terumbu karang dan ragam warna ikan yang mempesona. Menyelam pada saat cuaca cerah bisa melihat dengan jarak pandang 20 meter. Di Pulau Derawan, juga dijadikan tempat penangkaran penyu jenis penyu hijau. Anda bisa melihat penyu-penyu itu bertelur di malam hari. Ada banyak tempat bisa dijadikan untuk menginap disini. Seperti villa, resort, hotel, maupun home stay. Ada juga tempat menginap ditengah laut unik tersiedia di Derawan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *