Inilah Beberapa Mata Kuliah Yang Wajib Dipahami Calon Mahasiswa Jurusan Komunikasi

Universitas merupakan tingkat lanjutan bagi siswa atau siswi yang telah menyelesaikan pendidikan pada bangku Sekolah Menengah Atas/ kejuruan. Banyak sekali siswa berlomba-lomba untuk masuk pada universitas dengan kualitas dan kredibilitas favorit. Baik itu perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri. Sebelum Anda masuk pada perguruan tinggi tentu wajib menyelesaikan atau melewati beberapa tahapan seleksi.

Salah satu cara untuk sukses dalam melewati seleksi masuk perguruan tinggi ialah dengan membaca buku dan latihan soal SBMPTN soshum. Cara tersebut merupakan salah satu upaya bagi calon mahasiswa untuk mendapatkan universitas yang bonafit. Apakah anda siap untuk bersaing dengan calon mahasiswa lainnya? Jika dilihat dengan perkembangan zaman modern seperti ini, salah satu jurusan kuliah yang cukup dicari dan memiliki prospek bagus ialah jurusan komunikasi.

Jurusan tersebut dianggap mampu menjadikan mahasiswa tampil kreatif dan inovatif di bidang apapun. Namun anda harus mengetahui terlebih dahulu mata kuliah apa saja yang wajib di selesaikan ketika setelah masuk pada jurusan tersebut. Berikut akan diulas lengkap pada artikel ini, baca dari atas hingga bawah Maka terdapat banyak sekali wawasan baru yang bisa anda dapatkan. Pertama, Tentu ilmu dasar pengantar bisa menjadi tolak ukur seberapa paham Anda nantinya terhadap jurusan tersebut.

Pada semester awal setiap mahasiswa harus menempuh pengantar dulu sebelum masuk kepada teori ataupun mata kuliah lainnya. Setelah anda mengetahui dasar-dasar ilmu tersebut nantinya baru mempelajari terkait teori komunikasi. Salah satu modal berharga bagi mahasiswa jurusan tersebut ialah public speaking yang baik. Jika anda memiliki bakat atau kelebihan di bidang public speaking tentu jurusan tersebut dapat menjadi wadah bagi berkembangnya karir mahasiswa.

Selanjutnya Anda harus menempuh mata kuliah Etika komunikasi. Mata kuliah tersebut wajib anda pelajari dan menjadi tolak ukur ketika terjun pada dunia kerja. Khusus bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi di bidang media terdapat salah satu mata kuliah yang cukup menarik yaitu jurnalistik televisi. Mata kuliah tersebut adalah salah satu jurusan yang bisa memberikan banyak pemahaman dan pengetahuan terkait bidang media ataupun periklanan.

pexels.com

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Jika Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi?

Fakultas Sosial dan Ilmu Politik menjadi salah satu jurusan yang paling dicari oleh calon mahasiswa. Selain prospek kerja yang baik tentu terdapat pertimbangan lainnya. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan pada jurusan tersebut? Apakah anda sudah mengetahui sebelumnya? Jika belum paham baca artikel ini secara tuntas maka akan terdapat banyak sekali wawasan yang bisa anda peroleh. Kunjungi situs edutore.com untuk mendapatkan banyak informasi terbaru di bidang pendidikan ataupun pekerjaan.

Dari segi kekurangan mungkin yang sering dikhawatirkan ialah hubungan erat kaitannya dengan banyak media. Masyarakat rata-rata masih beranggapan jika media merupakan salah satu pekerjaan yang kurang menarik. Selain itu bagi mahasiswa yang tidak memiliki kepercayaan diri tentu akan sangat sulit mengeksploitasi dan mengeksplore potensinya. Jika anda tidak memiliki kepercayaan diri tinggi tentu akan ketinggalan dengan mereka yang berani dan memiliki ciri khas tertentu.

Salah satu yang paling dikhawatirkan ialah para mahasiswa banyak membaca referensi ataupun menonton para wartawan dan reporter TV. Acapkali reporter tersebut dalam keadaan yang menegangkan seperti Meliput demo yang anarkis, meliput sebuah aksi penangkapan teroris, ataupun meliputi berita lainnya yang cukup menegangkan. Namun terdapat banyak sekali kelebihan ketika Anda masuk pada jurusan favorit tersebut. Apa saja kelebihan yang bisa anda dapatkan?

Ketika Anda masuk pada jurusan tersebut maka secara tidak langsung pengetahuan yang akan dimiliki bisa meningkat. Karena mahasiswa jurusan tersebut nantinya diharuskan untuk mewawancarai atau Meliput jika mengambil mata kuliah konsentrasi tertentu. Selain itu dapat menjadi seorang yang kreatif dan inovatif karena tuntutan zaman yang modern. Lingkungan juga mempengaruhi bagaimana cara berpendapat dan mengkritisi sesuatu.

Jika anda berada di dalam lingkungan yang baik, maka sekaligus dapat meningkatkan channel atau link nantinya. Salah satu cara untuk meningkatkan potensi hidupnya adalah dengan belajar komunikasi dalam kehidupan nyata. Meskipun awalnya banyak sekali mahasiswa yang cukup canggung atau kaku ketika komunikasi secara formal, namun pihak Universitas akan menyediakan kurikulum sehingga lulusan tersebut mampu Bersaing dengan baik di bidang media ataupun jenis pekerjaan lainnya.

pexels.com

Ketahuilah Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Banyak sekali peluang kerja ataupun prospek yang cerah bagi jurusan tersebut. Pertama, cara menjadi Event Organizer. Tugas seorang EO adalah mengurus semua secara detail mulai dari, vendor, klien, sponsorship, dan lain sebagainya. Ketika anda menjadi event organizer terkemuka maka bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah setiap event. Cukup besar bukan?

Lulusan jurusan komunikasi juga berpotensi untuk menjadi jurnalis, penulis,  kameramen. Salah satu tujuan yang paling sering dicari mahasiswa jurusan tersebut ialah menjadi produser. Profesi tersebut bisa dijadikan pilihan atau peluang dan prospek kerja selanjutnya. Sudah banyak sekali contoh orang sukses di bidang jurusan tersebut seperti Wishnutama, Agnes Monica, dan seterusnya. Bahkan nantinya lulusan jurusan tersebut bisa menjadi diplomat Indonesia di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *