Jenis Jenis Kolam Renang

Berbicara soal kolam renang, yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah genangan air yang dikumpulkan dalam suatu wadah besar yang digunakan untuk berenang. Kolam renang ternyata tidak hanya terpatok pada definisi tersebut. Ternyata, kolam renang memiliki banyak jenis dan fungsi sesuai ukurannya dan bentuknya.Perkembangan olahraga ini yang semakin pesat menimbulkan banyaknya inovasi dan desain yang dihadirkan dari Kolam renang. Hal tersbeut yang membuat konstruksi kolam renang jadi semakin maju dalam menghadirkan ragam pilihan jenis kolam sesuai kebutuhan. Nah untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum pembagian jenis jenis kolam renang berdasarkan kriteria tertentu.

1. Berdasarkan letaknya

1.Jenis Kolam Renang Indoor

Seperti namanya, kolam renang indoor merupakan kolam renang yang letaknya berada di dalam ruangan. Tujuan pembangunan kolam renang dalam ruangan yaitu untuk menghindari cuaca buruk saat sedang berenang, selain itu pemilik kolam juga dapat memanfaatkan kolam tersebut dari waktu kapan pun bahkan malam hari. Selain itu kolam renang indoor juga lebih nyaman karena perenang tidak akan kepanasan saat siang hari saat berada di area kolam. Kebersihan kolam di area indoor juga lebih terjaga. Kolam renang indoor biasanya dibangun tidak seluar kolam renang outdoor.

2. Jenis Kolam Renang Outdoor

Selanjutnya ada kolam renang yang posisinya berada diluar ruangan atau dia real terbuka yang dinamakan kolam renang out door. Kolam renang out door biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih luas daripada kolam indoor. Kolam out door biasanya digunakan dalam perlombaan perlombaan dengan skala besar ataupun dalam taman hiburan. Area kolam out door lebih fleksibel dalam hal kreasinya. Sang kontraktor kolam renang bisa Memadukannya dengan aksesoris taman di sekitarnya seperti kursi, payung, lampu dan aksesoris lainnya. Kolam out door lebih dipilih oleh banyak orang karena lebih mudah dari segi perawatan selain itu biaya pembuatannya jauh lebih murah.

2. Berdasarkan pemakaiannya

a) Kolam renang pribadi/perorangan (private swimming pool)

Seperti namanya, kolam renang private dibangun untyk tujuan perseorangan saja. Maksudnya yang berkuasa untuk berenang di kolam tersebut hanya orang orang tertentu dan umum tidak bisa mengaksesnya. Biasanya private pool dibangun di rumah rumah seseorang ataupun di beberapa penginapan yang mang menyediakan private pool seperti di villa. Private pool memiliki keunggulan yaitu membuat kita bebas mengaksesnya tanpa batasan waktu dan biaya.

b) Kolam renang umum (public swimming pool)

Kolam renang umum merupakan kolam renang yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Biasanya kolam renang jenis ini difungsikan di taman hiburan ataupun hotel hotel tertentu. Biasanya orang yang ingin berenang disana akan dikenakan tarif. Keunggulan dari publik pool adalah fasilitas yang ditawarkan biasanya jauh lebih lengkap dan beragam. Kolam renang ini biasa juga disebut kolam renang komersil karena tujuan pembuatannya untuk mencari keuntungan.

3. Berdasarkan cara pengisian airnya

a) Kolam renang Isi-Kuras (Fiil & draw pool)

Kolam renang dengan jenis ini sangat merepotkan apabila dipakai untuk kolam renang umum pasalnya, sistem dari kolam renang ini adalah diisi penuh oleh air, apabila air tersebut kotor baru dikuras dan dibersihkan. Selain merepotkan, pengisian air konvensional ini juga akan lebih boros air karena apabila sekali kotor, maka seluruh air kolam harus diganti. Namun kolam ini sangat cocok jika digunakan untuk kolam bertiga indoor minimalis yang ukurannya relatif sedang dan pemakaiannya yang jarang. Sehingga dalam pembersihamnya jadi lebih mudah.

b) Kolam arus (Flow trough pool)

Kolam renang jenis ini sangat efektif untuk membersihkan air. Namun perlu diperhatikan juga, kolam dengan jenis ini harus membutuhkan air yang relatif banyak. Hal ini karena air dibiarkan terus menerus mengalir dan bergantian dengan air baru. Secara singkatnya, kolam dengan jenis ini airnya selalu diganti yang baru. Biasanya kolam yang mengusung jenis ini terletak pada kawasan yang memiliki jumlah air cukup banyak, biasanya terletak di pegunungan atau tempat tempat yang berlimpah air. Bagi anda yang berada di area kota sangat jarang menemukan kolam dengan jenis ini

c) Rucyculatory pool

Untuk kolam jenis ini sudah paling modern dimana pada kolam jenis ini sudah terdapat mesin serta peralatan canggih yang mampu menyaring air tanpa harus mengalirkan air tersebut secara terus menerus. Dengan begini anda tidak perlu lagi menguras secara manual atau mengalirkan air secara terus menerus. Sudah banyak.kolam yang menerapkan teknologi ini karena dianggap lebih efisien dan efektif.

4. Berdasarkan pembuatannya

Jenis kolam renang berdasarkan pembuatannya dibagi menjadi dua yaitu kolam pemandian alami dan buatan.

a) Kolam pemandian alami

Kolam pemandian alami biasanya terdapat di alam. Dimana sumber air maupun kolam terbentuk secara alami. Kolam dengan jenis ini sangat berbeda dari kolam konvensional, pasalnya, kolam pemandian alami biasanya menghadirkan suasana pemandangan alam yang menjadi bonus tambahan. Bahkan terdapat beberapa pemandian yang menghadirkan air yang unik seperti pemandian air panas, pemandian air belerang, pemandian air asin dan lainnya.

b) Kolam pemandian buatan

Sedangkan untuk kolam pemandian buatan, merupakan kolam yang ditujukan untuk urusan komersil atau keuntungan semata. Kolam dengan jenis ini dibuat dengan sengaja. Keunggulan dari kolam jenis ini adalah bentuknya yang fleksibel dan bisa dikreasikan sesuai selera pembuatnya. Kolam renang buatan biasanya juga digunakan untuk beberapa event seperti event olahraga ataupun hanya untuk hiburan semata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *