Harga Jual Jagung Terbaru di Pasar

Zea mays ssp. mays merupakan nama latin dari tanaman jagung. Jagung sendiri adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi dan sejajar atau berada beberapa tingkat dari tanaman gandum dan padi. Bahkan di beberapa negara seperti Amerika dan Afrika, jagung dijadikan sebagai makanan pokok. Dan di beberapa daerah Indonesia juga jagung di jadikan sebagai makanan pokok.

Tanaman jagung lumrahnya di budidayakan pada perkebunan dengan cara menanam biji jagung pada tanah dengan kedalam lubang kurang lebih 3 cm sampai 5 cm. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang tanaman jagung mulai dari sejarah singkat sampai dengan harga jual di pasaran.

Sejarah Jagung

Menurut beberapa sumber, jagung yang di budidayakan sekarang adalah keturunan dari teosinte yang merupakan sejenis tanaman rerumputan dengan bentuk mirip seperti jagung. Penggunaan istilah teosinte tersebut sebenarnya untuk menyebut semua spesies tanaman yang berasal dari genus Zea.

Kurang lebih selama kurun waktu 7 ribu tahun lamanya, proses domestikasi dari spesies genus zea tersebut berhasil menjadi gen spesies lain yaitu Zea mays ssp. mexicana. Zea mays ssp. mexicana inilah yang nantinya menjadi jagung yang seperti kita kenal sekarang ini.

Jika di telisik lagi lebih ke dalam pasa bukti-bukti arkeolog, budidaya jagung di masa primitif terjadi sudah 7 ribu tahun yang lalu di daratan Meksiko, Amerika Tengah. Adapun bukti dari arkeolog tersebut berupa bekas tongkol jagung yang di temukan di Gua Guila Naquitz, Lembah Oaxaca.

Setelah itu mengalami sejarah yang cukup panjang sampai dengan tanaman jagung masuk ke bumi nusantara ini pada masa penjajahan Portugis yaitu di abad ke 16 Masehi. Menurut seorang ahli bernama Denys Lombard, penggunaan istilah jagung berasal dari jawa agung.

Harga Jagung

Jagung sendiri di jual di pasaran dengan jumlah per kilo. Harga jagung beberapa hari ini di bandrol dengan harga kurang lebih sekitar 3.5 ribu rupiah per kilo.

Nah itulah ulasan lengkap tentang tanaman jagung dan harganya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *