Fungsi Karburator

Karburator merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam mesin bakar suatu kendaraaan termasuk sepeda motor. Fungsi karburator secara umum ada tiga. Fungsi yang pertama dari sebuah karburator adalah untuk menggabungkan bensin atau bahan bakar dengan udara sehingga menciptakan campuran bahan yang mudah terbakar.

Fungsi yang kedua adalah mengatur perbandingan atau rasio udara dan bensin atau bahan bakar dengan sedemikian rupa agar proses pembakaran dapat terjadi secara merata. Fungsi ketiga dari karburator adalah untuk mengendalikan atau mengatur kecepatan mesin.

11 Komponen Karburator

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Fungsi karburator tentunya didukung oleh komponen-komponen penyusunnya. Komponen-komponen karburator memiliki fungsinya masing-masing yang akan mendukung fungsi dari sebuah karburator secara keseluruhan. Berikut komponen-komponen yang menyusun sebuah karburator:

  1. Float chamber

Float chamber atau yang disebut juga sebagai mangkuk karburator adalah salah satu komponen karburator yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk bahan bakar sebelum digunakan dalam proses pembakaran dan disalurkan ke venturi.

  1. Floater

Pelampung atau floater adalah bagian karburator yang terbuat dari plastik ringan sehingga dapat mengambang di permukaan zat cair. Pelampung dapat menggerakkan ujung jarum pelampung agar menutup mangkuk karburator saat bagian tersebut penuh. Pelampung bertugas dalam mengatur bahan bakar agar tetap berada di mangkuk karburator atau float chamber.

  1. Float valve

Float valve merupakan komponen karburator yang juga dikenal dengan nama jarum pelampung atau klep. Komponen yang satu ini berupa sebuah jarum berbentuk lancip layaknya katup yang menekan sebuah lubang.

Lubang yang ditekan oleh jarum pelampung adalah lubang penyalur bahan bakar. Dengan kata lain, jarum pelampung berfungsi untuk mengatur masuknya bahan bakar ke dalam float chamber atau mangkuk karburator.

  1. Throttle valve

Komponen karburator yang satu ini juga dikenal sebagai katup gas atau skep. Katup gas pada karburator motor berbentuk silinder yang bergerak naik turun. Gerakan naik turun katup gas menyebabkan diameter venturi menjadi bervariasi.

Saat katup gas berada di bawah, aliran udara akan terhambat dan menyebabkan RPM mesin menjadi rendah. Sebaliknya, saluran udara akan semakin membesar saat katup gas dinaikkan dan membuat RPM mesin semakin naik.

  1. Needle jet

Needle jet atau yang juga dikenal dengan nama jarum gas atau jarum skep merupakan salah satu komponen karburator yang fungsinya untuk mengatur volume bahan bakar yang keluar dari main jet. Needle jet digerakkan oleh katup gas atau skep yang akan mempengaruhi besar kecilnya ujung saluran main jet.

  1. Pilot jet

Bensin atau bahan bakar pada ruang pelampung dihubungkan oleh pilot jet dengan ruang setelah katup gas sebelum intake manifold. Fungsi dari pilot jet adalah untuk mengalirkan bahan bakar saat mesin bekerja pada idle RPM.

  1. Air pilot

Air pilot adalah saluran memanjang dari ruang sebelum katup gas menuju ruang setelah katup gas. Fungsi air pilot adalah menyuplai udara saat idle atau saat katup gas tertutup rapat.

  1. Pegas katup gas

Pega katup gas terletak tepat pada tutup pengatur katup gas, yaitu di bagian atas karburator. Fungsi pegas katup gas adalah untuk menjaga agar katup tetap tertutup saat pedal gas tidak ditarikdan membalikkan posisi katup saat dilakukan deselerasi.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Sekrup penyetel

Terdapat dua sekrup penyetel pada karburator, yaitu sekrup pengatur udara pilot jet dan sekrup gas. Sekrup pengatur udara pilot jet berfungsi untuk menentukan jumlah udara yang masuk saat idle tanpa memakai sistem choke. Sedangkan sekrup gas fungsinya adalah untuk mengatur idle RPM mesin.

  1. Main jet

Pemancar besar atau main jet merupakan saluran utama yang ada di dalam karburator yang menghubungkan venturi dan ruang pelampung. Main jet berperan sebagai bagian yang akan memacarkan bahan bakar saat sepeda motor sedang dalam kondisi digas penuh.

  1. Choke valve

Fungsi choke valve adalah untuk memperkecil volume udara yang masuk ke mesin. Tujuannya agar hisapan mesin mengangkat bahan bakar sehingga campuran bahan bakar menjadi kaya. Komponen ini bekerja dengan cara menutup saluran udara yang mengarah ke karburator menggunakan katup.

Fungsi karburator begitu penting sehingga wajib diketahui oleh calon mekanik. Calon mekanik dapat belajar dan menggali pengetahuan tentang mekanik di lembaga kursus seperti HMMC Surabaya. Lembaga kursus ini mengajarkan siswanya dengan metode praktik sehingga murid HMMC cabang Surabaya bisa cepat mengerti bahkan bagi siswa yang belum tahu sama sekali tentang ilmu mekanik.

Selain menggunakan metode pengajaran praktik, HMMC Surabaya juga menawarkan fasilitas lengkap untuk peserta didiknya seperti ruang belajar berAC, peralatan praktik yang lengkap, fasililtas mess gratis hingga jaminan mendapatkan pekerjaan bagi peserta didik yang berprestasi setelah lulus dari lembaga kursus tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *