Definisi Mekanika Tanah yang Harus Diketahui

Apa Anda tahu yang dimaksud dengan mekanika tanah? Banyak orang sering mendengar istilah tersebut namun tidak mengetahui maknanya. Berbicara mengenai mekanika tanah berarti tidak bisa dilepaskan dari keberadaan tanah itu sendiri. Lalu apa definisinya? Supaya lebih jelas, simak uraian dibawah ini.

Definisi Mekanika Tanah

Mekanika tanah merupakan cabang dari ilmu teknik yang mempelajari tentang perilaku tanah dan sifatnya. Perilaku tanah dan sifatnya tersebut diakibatkan oleh  adanya tegangan dan regangan serta disebabkan oleh gaya-gaya yang bekerja.

Mekanika tanah berkaitan dengan struktur tanah serta bahan yang ada di dalamnya. Serta berhubungan dengan teknik pondasi. Teknik pondasi itu sendiri merupakan penerapan dari prinsip-prinsip yang ada di dalam ilmu mekanika tanah.

Apabila ada kesalahan dalam pembangunan, maka hal yang perlu dikaji pertama adalah mekanika tanah pada saat melakukan perencanaan pondasi. Perlu diketahui jika mekanika tanah menjadi salah satu ilmu yang harus dikuasai oleh mahasiswa teknik.

Poin Penting dalam Mekanika Tanah

Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam mekanika tanah adalah kadar air, porositas, angka pori dan juga derajat kejenuhan. Selain itu, karakteristik tanah juga menjadi salah satu poin terpenting dalam cabang ilmu ini.

Tanah itu sendiri terbentuk dari proses pelapukan batuan, meski zat pembentuknya tidak sama. Berbagai macam tanah yang ada di muka bumi ini juga dipengaruhi oleh jenis-jenis bebatuan serta zat pembentuknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *