Ciri Ciri Padi Siap Panen

Padi memiliki nama latin Oryza sativa L yang merupakan tanaman yang pangan yang paling banyak di tanam di kawasan asia terutama di negara kita tercinta Indonesia.

Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman bernama padi yang merupakan penghasil dari biji-bijian yang kita kenal dengan nama beras. Dan selain memproduksi beras, padi juga menghasilkan sekam dan dedak padi yang juga bermanfaat untuk kita.

Setiap hari kita maka nasi yang dihasilkan dari beras yang merupakan biji dari tanaman padi, tapi apakah kalian tahu apa ciri-ciri padi yang sudah siap panen. Jika kalian tertarik untuk mempelajari proses panen padi silahkan simak penjelasan berikut ini.

Ciri-Ciri Padi Siap Panen

Mungkin jika orang tua kalian petani, sudah tidak bingung lagi untuk membedakan ciri-ciri padi siap panen. Tapi untuk sebagian orang awan yang mungkin di daerahnya tidak ada sawah yang ditanami padi, mereka tidak tahu ciri-cirinya.

Dengan mengetahui ciri-ciri padi siap panen yang tepat, kita bisa mendapatkan kualitas beras yang terbaik loh. Jadi, untuk lebih mengetahui tentang ciri padi siap panen simak penjelasan berikut.

1. Warna Padi Menguning

Dari ciri-ciri yang paling gampang diidentifikasi saat padi siap panen adalah warna padi sudah mulai menguning, bisa dikatakan ketika tanaman padi 95 persennya sudah menguning, daun dan butir padi juga sudah menguning. Karena jika padi belum siap panen akan memiliki warna hijau.

2. Daun Berwarna Kuning Kecoklatan

Jika kalian amati juga, tidak hanya padi yang akan berubah menjadi warna kuning, saat siap panen warna daun padi juga akan berubah menjadi kuning kecoklatan yang artinya padi sudah siap untuk dipanen.

3. Biji Padi Keras

Jika kalian ingin memastikan lebih jelas apakah padi siap dipanen atau belum, jika 2 ciri-ciri diatas sudah terjadi, langkah ketika untuk memastikannya siap untuk dipanen adalah dengan menekan biji padi apakah sudah keras dan berisi.

4. Padi Merunduk

Ada filosofi hidup itu seperti padi semakin tua semakin merunduk, yup pepatah ini memang benar adanya. ketika tanaman padi siap untuk dipanen maka padi akan semakin merunduk ke bawah karena, gabah sudah mulai terisi dengan butiran padi yang keras dan berat.

5. Ada Banyak Burung

Jika kalian melihat sawah yang mulai menguning dan banyak burung terbang di pagi dan sore hari, ini juga merupakan ciri-ciri bahwa padi sudah siap untuk dipanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *