Ciri-ciri Akar Ketela Pohon yang Mudah Dikenali

Ketela pohon merupakan salah satu tanaman umbi-umbian. Dimana buahnya merupakan hasil pembesaran dari akarnya. Sehingga, akar ketela pohon inilah yang dikonsumsi selain daun mudanya. Akar ketela pohon ini memiliki karakteristik yang khas, sehingga dapat menyimpan karbohidrat berupa pati yang begitu tinggi. Pati yang terkandung pada akar ini optimal pada umur 8-12 bulan.

Ciri-ciri Akar Ketela Pohon

Ketela pohon memiliki sistem perakaran berupa akar serabut yang terspesialisasi. Hal ini karena serabut akarnya dapat berfungsi lain, tidak hanya menyerap zat hara saja. Namun, akarnya ini mampu menyimpan cadangan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga, ketela pohon ini juga disebut dengan umbi akar. Akarnya dapat mencapai panjang hingga 50 cm lebih.

Selain memiliki ciri akar yang khas, batang pohon ketela sendiri memiliki ciri yang beruas-ruas. Dimana pada setiap ruasnya memiliki tunas. Batangnya dapt berukuran 2-4 cm. Batang ketela pohon memiliki warna kecoklatan yang kemudian akan berwarna kehijauan dibawahnya dan putih kekuningan hingga bagian dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *