DIY Cara Membuat Panel Surya di Rumah Dengan Mudah

Karena semakin berkembangnya teknologi akhir-akhir ini maka semakin mudah pula bagi seseorang untuk menerapkannya di rumah, salah satu caranya adalah dengan menerapkan sendiri tanpa harus membayar jasa instalasi.

Begitupun dengan Panel Surya yang dapat anda pasang sendiri di rumah sehingga anda tidak perlu menambah anggaran untuk jasa instalasi yang cukup mahal.

Selain dapat memasangnya sendiri anda juga dapat membuat panel surya sendiri dengan membeli berbagai komponen yang dijual banyak di toko-toko alat listrik dan terpisah-pisah sehingga anda dapat mencari komponen-komponen tersebut sesuai budget yang anda miliki.

Untuk dapat membuat dan merangkai panel surya sendiri anda perlu belajar ke ahlinya namun jika anda ingin berhemat anda tidak perlu belajar ke ahlinya yang tentu harus mengeluarkan biaya, anda dapat mencari-cari cara dengan mencari di internet maupun video-video tutorial yang sudah banyak beredar di internet.

Jangan takut salah, anda hanya perlu mencobanya karena membuat dan memasang panel surya tidaklah rumit. Berikut adalah Cara Membuat Panel Surya di rumah dengan mudah, dan Anda hanya perlu mempersiapkan bahan berikut ini.

unsplash.com

Bahan yang perlu di siapkan untuk membuat Panel Surya

Kali ini akan kami berikan contoh membuat panel surya sederhana yang dapat anda buat di rumah namun tidak menggunakan silicon melainkan menggunakan tembaga, untu itu Sebelum anda membuat panel surya sendiri, anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang perlu anda siapkan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Lembaran tembaga yang mengkilat satu lembar
  • 2 buah capit buaya
  • Micro ammeter 1 buah
  • 1 buah kompor listrik
  • Botol plastic bening yang sudah di potong pada bagian atasnya (1 buah saja)
  • 2 sendok makan garam meja
  • 1 buah ampas atau sikat kawat
  • 1 buah gunting
  • Air secukupnya

Pastikan semua bahan tersebut tersedia dan jangan sampai ada yang kurang maupun takarannya kurang karena akan mempengaruhi hasil akhir nantinya jika tidak sesuai dengan bahan-bahan yang di atas. Setelah itu silahkan simak langkah-lagkah membuat panel surya di bawah ini.

unsplash.com

Langkah-langkah membuat Panel surya

  1. cuci tangan Anda sebelum memegang bahan-bahan untuk membuat panel surya. Karena panel surya tidak boleh kotor sedikitpaun terutama dari kotoran minyak yang menempel di tangan Anda. maka usahakan untuk cuci tangan yang bersih kemudian di lap sebelum memegang bahan-bahan panel surya tersebut.
  2. Kemudian potong kawat tembaga dan ukurannya di serasikan dengan ukuran panel pemanas yang terdapat dalam kompor listrik menggunakan alat pemotong atau gunting.
  3. Bersihkan kawat tembaga yang sudah di potong tersebut dengan menngunakan amplas atau sikat kawat, sehingga kawat menjadi bersih dan tidak ada kotoran yang akan menghambat proses penyerapan energi panas sinar matahari.
  4. Setelah kawat tembaga dibersihkan, dan sudah tidak ada kotoran yang menempel maka letakkan kawat tembaga tersebut di atas kompor listrik yang telah dinyalakan dengan level pembakaran tertinggi atau level maksimum.
  5. Tunggu hingga lapisan baja berubah warna menjadi hitam, kurang lebih akan memakan waktu sekitar 30 menit hingga 45 menit.
  6. Setelah lapisan lampisan tembaga tersebut di bakar, diamkan terlebih dahulu lapisan tembaga tersebut hingga dingin dengan sendirinya yang memerlukan waktu kurang lebih sekitar 25 menit. Setelah dingin, lapisan tembaga tersebut akan berubah bentuk menjadi sedikit berkerut, hal itu dikarenakan lapisan oksida yang telah menyusut.

    unsplash.com
  7. Kemudian cuci dan gosok tembaga secara perlahan dengan kondisi di bawah air yang mengalir. Pada tahap ini, usahakan jangan meregangkan lapisan tembaga tersebut karena hal itu dapat merusak kandungan lapisan oksida yang sangat dibutuhkan untuk membuah panel surya sederhana ini.
  8. Setelah itu, potong lembaran tembaga tersebut yang ukurannya di serasikan dengan tembaga yang pertama. kemudian, Kedua lembaran tembaga tersebut di tekuk, tembaga pertama dan kedua yang sudah di tekuk tersebut lalu masukkan kedalam botol plastic namun usahakan kedua tembaga ini tidak saling menempel satu sama lain.
  9. Setelah itu gunakan capit buaya untuk mencapit kedua lembaran tembaga tersebut yaitu lembaran tembaga pertama dan juga tembaga kedua, pasangkan kabel dari tembaga kedua ke terminal yang mempunyai aliran positif serta kabel dari tembaga pertama yang memiliki aliran ke terminal negatif dari ammeter yang sudah di siapkan.
  10. Terakhir, masukkan air garam yang sudah dipanaskan sebelumnya ke dalam botol namun masukkan air garam tersebut dengan hati-hati dan usahakan untuk tidak membasahi capit buaya. Perlu anda perhatikan bahwa air garam yang dimasukkan tidak boleh memasukan seluruh bagian plat tembaga ke dalam botol.
  11. Letakkan di bawah sinar matahari, maka pengujianakan penggunaan pael surya dengan cara sederhana siap untuk di uji coba. Panaskan hingga beberapa jam agar mendapatkan hasil yang maksimal serta akan menghasilkan daya listrik yang lebih besar.

Dengan anda membuat panel surya sederhana di sendiri di rumah anda, setidaknya dapat sedikit menghemat listrik karena meskipun daya nya kecil namun panel surya sederhana buatan sendiri tetap bisa mengalirkan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *