Cara Membuat Mie Ayam Yang Mudah dan Enak

Mie ayam adalah salah satu kuliner khas asli Indonesia yang dibuat dengan menggunakan mie kuning ditambah saos kecap dengan daging ayam beserta sayuran. Beberapa warung menambahkan variasi lain misal dengan menambahi bakso, jamur, dan pangsit goreng atau rebus.

Tentang Mie Ayam

Sejarah

Awalnya mie ayam adalah mie yang berasal dari Tiongkok, tepatnya di Tiongkok Selatan daerah pelabuhan Guandong dan Fujian.

Namun diadaptasi oleh masyarakat Indonesia, kini Mie ayam menjadi makanan khas yang ada di sudut jalan serta favorit banyak orang dan memiliki rasa yang berbeda jauh dari aslinya di Tiongkok dulu.

Mie ayam memang sampai sekarang menjadi makanan populer yang dikenal oleh banyak orang. Harga yang dibandrol  di pasar untuk penjualan satu mangkok mie ayam juga relatif murah, walaupun juga ada yang mahal.

Namun variasi harga tersebut membuat pasar mie ayam memang sangat luas. Dari mulai penjaja keliling yang menjual semangkok 5000 rupiah, hingga mie ayam yang dijual di restoran yang berharga ratusan ribu rupiah.

Jika Anda merupakan penggemar mie ayam, Anda sebenarnya bisa membuat mie ini sendiri di rumah. Dengan membuat dan memasak sendiri mie ayam di rumah, Anda akan mendapat mie yang higienis dan lebih lezat. Anda juga bisa berkali-kali tambah jika masih kurang tanpa harus membayar lebih.

Cara Membuat Mie Ayam Yang Mudah dan Enak

Cara membuat mie ayam ini sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu ribet.  Dengan bahan dasar berupa mie, anda bisa menemukannya di toko makanan atau di pasar. Tak perlu repot-repot membuat mie sendiri jika ingin praktis. Cukup beli jenis mie basah atau mie telur yang sudah banyak di pasaran.

Kemudian untuk membuat mie ayam sendiri, Anda tinggal membuat kuah dan toping ayamnya. Untuk membuat mie ayam yang enak dan kental khas, Anda cukup memberikan bumbu yang berani. Bumbu utama dari mie ayam adalah kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, kunyit, garam dan lada, jahe, salam, daun jeruk. Selanjutnya masak bumbu dengan ayam yang sudah dipotong kecil. Sajikan dengan mie dan kuah dari kaldu ayam dan tambahkan minyak ayam. Mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *