Ingin Lihat Bromo Sunrise Yang Terkenal? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini

Apa yang muncul di benak Anda saat berbicara mengenai perjalanan mendaki gunung? Mungkin saja Anda akan berpikir tentang indahnya pemandangan pegunungan dan matahari terbit atau terbenam. Dari berbagai wisata pendakian gunung yang ada di Indonesia, pendakian gunung Bromo cukup dikenal dan dicari karena fenomena Bromo sunrise yang sangat indah. Jika Anda tertarik untuk berkunjung berikut ini beberapa lokasi yang perlu Anda ketahui.

Spot Rekomendasi Untuk Melihat Matahari Terbit Di Promo

Hal pertama yang perlu Anda tahu adalah lokasi yang tepat untuk melihat matahari terbit. Gunung Bromo memiliki beberapa lokasi strategis yang bisa menjadi tujuan untuk Anda datangi. Setiap lokasi yang akan diulas berikut ini akan memiliki pesona yang berbeda dan cara akses yang cukup berbeda antara satu sama lainnya. Beberapa lokasi tersebut adalah bukit Penanjakan satu, dua, bukit Kingkong, bukit Cinta dan bukit Mentigen.

Melihat Matahari Terbit Di Bukit Penanjakan 1

Lokasi yang paling terkenal dan menjadi tujuan wisata pendakian gunung Bromo adalah bukit Penanjakan. Bisa dikatakan bukit ini adalah lokasi utama untuk melihat matahari terbit. Berada di daerah Wonokirtri Pasuruan, lokasi ini cukup tinggi dan strategis untuk melihat matahari terbit fenomenal dari gunung Bromo. Lokasi ini dijadikan lokasi terbaik karena berhadapan langsung dengan gunung Batok, Kursi dan gunung Bromo sendiri.

Ditambah lagi dengan pemandangan lautan pasir yang membentang, membuat Bromo Sunrise menjadi terlihat lebih indah lagi. Hal ini karena pada pagi hari hamparan lautan pasir tersebut akan ditutupi oleh kabut yang cukup tebal. Sehingga, membuat Anda merasa berada di atas awan. Dengan datangnya sinar mentari pagi, pemandangan matahari terbit dan juga kabut pagi di atas lautan pasir menjadi suatu perpaduan sempurna yang memanjakan mata Anda.

Jika Anda dari kota Malang, Anda bisa lewat Tumpang atau mengikuti rute favorit yaitu melalui Cemoro Lawang, Sukapura Probolinggo. Sedangkan, jika Anda dari arah Pasuruan, Anda bisa melewati Purwodadi atau Tosari. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus mengendarai kendaraan jeep atau hartop. Biasanya mobil ini tersedia bersamaan dengan paket wisata yang Anda pilih sebagai jasa pengantar dan penyedia di gunung Bromo.

pexels.com

Mengejar Matahai Terbit Di Bukit Penanjakan 2

Alternatif lokasi lain yang bisa Anda pilih saat kondisi di Bukit Penanjakan 1 mulai penuh sesak adalah turun sedikit hingga mencapai bukit Penanjakan 2. Meskipun lokasi ini tidak setinggi pada Penanjakan 1, namun lokasi ini masih bisa memberikan pemandangan Bromo sunrise yang tidak kalah indahnya. Berlokasi di desa Seruni, Sukapura kabupaten Probolinggo lokasi ini bisa Anda tuju lebih cepat dan lebih mudah dari lokasi sebelumnya.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat mengunjungi lokasi ini adalah pengumuman akan bahaya longsor. Hal ini karena, sebelumnya lokasi ini sempat ditutup karena menjadi lokasi rawan longsor. Namun, dengan berjalannya waktu perbaikan sudah mulai diadakan oleh pemerintah, sehingga lokasi ini relatif aman. Cara untuk mencapai lokasi ini cenderung sama dengan mencapai lokasi penanjakan 1, yaitu dengan mengendarai jeep atau hartop.

Mengunjungi Bukit Mentigen Untuk Melihat Matahari Terbit

Lokasi lain yang bisa Anda tuju saat Anda ingin melihat matahari terbit adalah ke bukit Mentigen. Lokasi bukit ini tidak cukup berbeda dengan lokasi bukit penanjakan. Berada di desa Ngadisari di kecamatan Sukapura di Kabupaten Probolinggo, lokasi ini bisa Anda capai dengan cara yang relatif mudah. Jika Anda melihat Bromo sunrise dari lokasi ini bisa dijamin Anda akan merasakan pengalaman melihat sisi lain panorama indah ini.

Dari bukit ini Anda juga bisa melihat pesona pemandangan lain yang dimiliki oleh gunung Bromo. Seperti pemandangan dari Gunung Batok, lautan pasir serta pemandangan indah dari sebuah desa bernama Ngadisari yang berada di ketinggian 2.273. Tidak hanya itu, lokasi ini juga lokasi yang paling populer dan favorit untuk camping. Bagi Anda yang mencari pemandangan malam, lokasi ini akan menghadirkan pemandangan Milky way cantik yang hanya ada di malam hari.

pexels.com

Bersantai Dan Menikmati Pagi Di Bukit Kingkong

Lebih rendah beberapa meter dari lokasi bukit penanjakan 1, bukit kingkong adalah lokasi alternatif yang bisa Anda menjadi pilihan Anda selanjutnya. Lokasi ini memiliki ketinggian 2700 m dari laut. Salah satu keunggulan yang membuat lokasi ini bisa menjadi pilihan Anda adalah tidak banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan pagi. Hal ini dikarenakan lokasi ini termasuk lokasi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan dan pengunjung.

Pemandangan Bromo Sunrise yang disajikan di lokasi ini tidak kalah indah dengan lokasi yang lainnya. Bahkan di bukit Kingkong ini Anda bisa melihat berbagai gunung lainnya dengan lebih jelas dan lebih dekat. Gunung Batok, Semeru dan juga Bromo akan muncul sebagai pemanis pemandangan dari lokasi ini. Selain itu, hanya dengan berjalan kaki selama 1 jam, Anda bisa mencapai kawasan ini dengan mudah dan relatif lebih cepat.

Matahari Terbit Nan Indah Di Bukit Cinta

Lokasi lain yang cukup terkenal adalah bukit cinta atau yang juga disebut sebagai Love hills. Tempat melihat matahari terbit dari gunung Bromo ini masih berada di dalam kawasan administrasi Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo Dan Lumajang. Meskipun berada cukup dekat dengan lokasi lainnya, tempat ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Sehingga, pengunjung yang datang relatif lebih sedikit dari lokasi lainnya.

Bukit ini memiliki sejarah sebagai lokasi yang pernah mempertemukan dua sejoli, karena itulah lokasi ini disebut dan dinamai dengan bukit Cinta. Tidak mau kalah dengan lokasi yang lain, lokasi ini juga menjanjikan pemandangan Bromo Sunrise yang indah dengan latar belakang pemandangan gunung eksotis. Meskipun lokasinya lebih rendah, namun Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan yang akan Anda temukan di kawasan ini.

Itulah beberapa lokasi yang paling favorit dan juga strategis untuk melihat matahari terbit dari gunung Bromo, yang bisa menjadi alternatif pilihan terbaik Anda. Jika Anda tertarik untuk melakukan pendakian dan melihat matahari terbit di gunung ini, ada baiknya Anda menggunakan jasa paket wisata Bromo yang tersedia. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan akses yang lebih mudah untuk mendatangi lokasi paling favorit dan sesuai untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *