Biaya Kuliah di Unsoed

Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed merupakan salah satu universitas yang berterletak di Jawa Tengah. Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Nomor: KEPT.1081/UN23/PP.01.00/2014 universitas ini telah mengesahkan pembayaran melalui sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Sistem pembayaran ini berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi mahasiswa atau orangtua mahasiswa. Pembayaran ini dibayakan setiap semester tanpa ada lagi biaya yang dibebankan kepada mahasiswa.

 

Uang Pangkal dan UKT

Universitas Jenderal Soedirman memiliki dua program jalur pendaftaran, di mana kedua jalur ini memiliki biaya studi yang yang berbeda. Yaitu pendaftaran melalui jalur reguler dan mandiri. Nah, jalur mandiri inilah yang membebankan biaya kuliah pada mahasiswa lebih tinggi daripada jalur reguler. Pada jalur Mandiri, uang pangkal yang diberlakukan dibagi menjadi empat pilihan yang biayanya mencapai kisaran Rp 7.500.000-Rp20.000.000. Adapun untuk jalur Reguler, dibagi menjadi beberapa kelompok yang biayanya mencapai kisaran Rp 2.000.000-Rp6.150.000.

 

Uang UKT yang dibayarkan pada kelompok I sebesar Rp 500.000 dan untuk kelompok II mencapai Rp 1.000.000. berdasarkan Keputusan Menristekdikti Nomor 91/M/KPT/2018 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun Angkatan 2018 yang membagi UKT menjadi 7 kelompok. Kriteria pengelompokan tersebut berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orangtua mahasiwa atau pihak lain yang membiayainya. UKT ini nantinya dibayarkan setiap semester dan tidak ada beban biaya yang lain. Mengenai kuota UKT kelompok I ditetapkan sedikitnya 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima setiap perguruan tinggi. Begitu pula kelompok II, yang kuotanya ditetapkan sedikitnya 5% dari jumlah mahasiswa.

 

Menambahkan keterangan mengenai uang pangkal yang dibayarkan untuk jalur Mandiri, mahasiswa diberikan keleluasaan untuk memilih sendiri besar uang pangkal sesuai yang mereka sanggupi. Pengelompokan uang pangkal pun terdiri atas 5 pilihan dengan besaran yang berbeda-beda setiap jurusan. Khusus pilihan 5 mahasiswa dapat mengisi uang pangkal 0 rupiah atau lebih besar lebih dari 4. Dengan pilihan tersebut, memudahkan mahasiswa menempuh bangku kuliah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *