Beragam Kandungan Tempe Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Dikenal sebagai makanan sehat, ada banyak sekali kandungan tempe yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan kandungan protein di dalamnya bisa menggantikan daging sebagai sumber protein. Jadi, disamping harganya yang relatif murah, tempe sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan tubuh. Apalagi selain kandungan gizinya yang cukup lengkap, tempe juga memiliki cita rasa lezat dan mudah diolah.

Nah, berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam tempe:

  1. Protein

Kandungan protein tempe berbeda dari sumber protein nabati lainnya karena memiliki asam amino essensial yang berguna sebagai zat pembangun tubuh.

  1. Lemak sehat

Sebagian besar lemak pada tempe merupakan lemak tak jenuh dan jamak, asam lemak omega-3 dan omega-6. Di mana lemak sehat ini bisa membantu menahan rasa lapar dan mengendalikan kolesterol jahat atau LDL.

  1. Karbohidrat dan serat

Konsumsi tempe sama dengan menerima asupan kabohidrat dan serat sekaligus. Yang mana tempe merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik.

  1. Beragam vitamin B

Di dalam tempe terdapat beragam vitamin B termasuk B2, B3, B9 dan B6. Aneka vitamin B ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh.

  1. Mineral

Kandungan mineral pada tempe antara lain kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan, zat besi dan lain-lain. Kandungan mineral ini kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Prebiotik

Merupakan sejenis serat, prebiotik dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga membuatnya tetap sehat.

  1. Isoflavon

Sebagai zat antioksidan, isoflavon dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

Itulah beragam kandungan tempe dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dengan gizi yang terbilang lengkap, tempe memang sehat untuk dikonsumsi. Akan tetapi meski begitu, Anda harus bijak dalam mengolah dan mengonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *