Bentuk Pemerintahan 5 Negara Asia Tengara

Asia Tenggara adalah bagian benua dimana negara Indonesia berada. Secara geografis bukan hanya Indonesia saja yang termasuk negara di Asia Tenggara tetapi ada beberapa negara lainnya yang tergabung dalam ASEAN. Negara-negara tersebut tentunya memiliki bentuk pemerintahan masing-masing. Kita akan bahas bentuk pemerintahan dari 5 negara pendiri ASEAN seperti penjelasan berikut ini.

Bentuk Pemerintahan 5 Negara Pendiri ASEAN

Indonesia

Salah satu negara pendiri ASEAN yang merupakan asosiasi negara di Asia Tenggara adalah Indonesia. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik yang dipimpin oleh seorang Presiden. Dalam menjalankan tugasnya Presiden dibantu Wakil Presiden. Kepala negara dan kepala pemerintahan adalah Presiden.

Malaysia

Negara tetangga Malaysia merupakan negara ASEAN yang berbentuk kerajaan. Karena bentuk pemerintahannya adalah kerajaan atau monarki maka yang bertugas sebagai kepala negara adalah Raja. Sedangkan kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri.

Singapura

Berikutnya ada negara kecil diantara Indonesia dan Malaysia yaitu Singapura. Meskipun merupakan persemakmuran Inggris namun Singapura adalah negara dengan bentuk Republik. Singapura dipimpin oleh Presiden.

Filipina

Sama dengan Indonesia, Filipina adalah negara yang dipimpin oleh Presiden. Karena dipimpin oleh seorang Presiden maka secara otomatis bentuk pemerintahannya adalah Republik.

Thailand

Terakhir adalah Thailand yang dikenal dengan sebutan negeri gajah putih. Negara pagoda tersebut memiliki pemerintahan yang berbentuk kerajaan. Sebagai sebuah kerajaan maka Raja berperan sebagai kepala negara dan Perdana Menteri adalah kepala pemerintahan.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *