Cara Cek Tarif Ekspedisi Bandara Balikpapan dan Cara Cek Resi

Kehadiran internet memang berhasil mengubah berbagai kehidupan para masyarakat, terutama kebiasaan dari yang dulunya sulit, kini segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah. Cukup dengan mengandalkan koneksi internet dan smartphone, sekarang segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Terutama bagi para pelaku bisnis dan pecinta belanja yang bisa memenuhi kehidupannya cukup menggunakan gadget dan internet.

Dengan mengandalkan etalase digital, maka seseorang bisa melihat dari segi foto beserta deskripsi produk yang dijual, maka segala informasi dalam melakukan pembelian barang sudah dapat diakses. Fenomena dalam berbelanja online, seperti saat ini memang sudah merajalela, sehingga mampu memberikan keuntungan di antara kedua belah pihak, yaitu antara penjual dan pembeli.

Dalam menjalankan bisnis online tersebut tentunya jasa ekspedisi juga memiliki peran penting supaya dapat melakukan pengiriman barang dengan mudah. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada saat menggunakan jasa ekspedisi yaitu mengenai tarif ekspedisi Surabaya Balikpapan dan bukti pembayaran atau disebut sebagai resi.

Cara Cek Ongkos Kirim

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Ongkos kirim akan berkaitan pada tarif pembayaran yang diukur berdasarkan pada kota tujuan dan berat barang yang hendak dikirim. Sementara untuk resi memiliki peran yang penting supaya konsumen bisa mengetahui status dari keberadaan barang tersebut apabila sudah dikirim oleh jasa ekspedisi. Pengecekan ongkos kirim bandara Balikpapan bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena kebanyakan dari jasa ekspedisi akan mempunyai website resmi, sehingga semuanya dapat diakses melalui online.

Berikut ini langkah melakukan pengecekan ongkos kirim ,di antara:

  • Cara yang pertama silahkan Anda membuka website resmi dari jasa pengiriman barang yang Anda gunakan. Jika sudah, maka Anda dapat mencari pada bagian menu tarif ekspedisi Surabaya Balikpapan.
  • Apabila menu tersebut sudah dikirim, nantinya akan muncul pilihan isi data, sehingga Anda wajib memasukkan origin dan destination. Untuk origin ini merupakan kota asal, sedangkan destination yaitu kota tujuan. Anda juga diharuskan untuk memasukkan perkiraan berat dari barang pada satuan kg.
  • Supaya pengecekan ongkir atau ongkos kirim dari jasa ekspedisi lebih akurat, maka silahkan melakukan pemeriksaan kembali pada bagian data yang telah dimasukkan tersebut. Jangan lupa untuk mengisi pada bagian kolom keamanan. Untuk masuk ke bagian kolom keamanan silahkan mengetik ulang dari kombinasi huruf dan angka yang muncul pada bagian kolom atas isian.
  • Langkah terakhir, silahkan klik bagian tombol cek tarif.
  • Tidak menunggu lama maka daftar ongkir akan muncul dan terpasang sesuai pada data yang telah Anda masukkan tadi.
  • Ada jasa ekspedisi yang akan menawarkan beberapa pilihan servis, baik itu servis reguler sampai servis express. Apabila proses pengiriman lebih cepat, maka tarif yang harus dibayarkan juga lebih mahal.

Cara Cek Resi

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Apabila beberapa langkah melakukan pengecekan ongkos kirim di atas sudah Anda ketahui, maka langkah selanjutnya yang perlu dipahami, yaitu tata cara dalam melakukan cek resi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Resi akan memudahkan pihak pengirim dalam melakukan pengecekan posisi barang yang hendak dikirimnya.

Setiap jasa ekspedisi tentunya akan memberikan rezeki kepada konsumennya untuk membuktikan bahwa perusahaan jasa ekspedisi tersebut benar-benar profesional. Hal ini pun juga memiliki tujuan supaya konsumen merasa tidak ditipu. Berikut ini langkah mudah dalam melakukan pengecekan resi pada jasa ekspedisi yaitu:

  • Untuk langkah yang pertama Anda dapat menemukan nomor yang terdapat di bagian kertas bukti pengiriman.
  • Setiap ekspedisi akan mempunyai karakteristik dari reaksi yang tidak sama, namun secara umum, kertas resi tersebut terdiri pada beberapa nomor saja, atau bahkan disertai dengan beberapa huruf.
  • Langkah selanjutnya Anda dapat memasukkan nomor yang sudah Anda dapatkan tersebut di bagian kotak pencarian status.
  • Lakukan pengecekan kembali pada nomor pastikan bahwa nomor yang Anda masukkan tersebut benar dan jangan sampai terjadi kesalahan.
  • Pada bagian tombol, cek resi silahkan Anda klik.
  • Jika cek resi sudah Anda klik, maka bagian status pengiriman barang akan muncul hanya dalam hitungan detik saja. Untuk datanya akan berisi mengenai keberadaan barang yang secara real-time, baik itu barang yang baru dikirim sampai barang tiba di tempat tujuan.
  • Pengecekan ongkir dan resi bisa dilakukan setiap saat, sehingga untuk menjaga keamanan dari barang yang dikirimkan, silahkan melakukan pengecekan ongkir dan resi secara rutin. Untuk melakukan pengecekan nomor resi tidak hanya pihak penjual saja. Akan tetapi untuk pihak pembeli pun juga memiliki kewajiban untuk mengetahuinya supaya bisa memastikan kapan barang akan sampai.

Segala jenis bisnis yang dijalankan tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya hambatan atau masalah. Untuk permasalahan di dalam sebuah bisnis tidak hanya dijalankan pada pemula saja. Akan tetapi untuk pebisnis yang sudah berpengalaman pun juga akan mengalaminya. Hal ini juga berlaku pada sebuah bisnis online yang bekerjasama dengan jasa ekspedisi supaya memperhatikan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, termasuk jasa atau ongkos kirim dan juga nomor resi.

Untuk Anda yang sering kali melakukan pengiriman barang di berbagai wilayah menggunakan jasa ekspedisi maka perhatikan beberapa hal penting yang ada di atas. Termasuk melakukan pengecekan resi dan ongkir. Apapun jasa ekspedisi yang Anda gunakan, perhatikan poin penting ini dengan baik supaya proses pengiriman barang berjalan dengan baik dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *