Apple Watch Vs Garmin, Mana Yang Lebih Unggul?

Di era serba digital seperti sekarang, ada banyak sekali jenis gadget, salah satunya yaitu smartwatch. Smartwatch merupakan jam tangan pintar yang menggunakan sistem operasi, persis seperti smartphone dan laptop. Nah keinginan orang-orang terhadap smartwatch ini berbeda-beda. Ada yang mengharapkan bahwa smartwatch ini dapat terhubung ke internet sehingga bisa menerima notifikasi dan mengakses file digital layaknya smartphone, namun ada juga yang mengharapkan fitur-fitur untuk kesehatan.

Ada banyak sekali smartwatch di pasaran, namun tak semuanya bisa diandalkan. Beberapa smartwatch yang paling difavoritkan yaitu Apple Watch dan Garmin. Nah kali ini kami akan mengulas Apple Watch Vs Garmin, kira-kira mana yang lebih unggul? Anda bisa menemukannya di bawah ini!

stocksnap.io

Apple Watch Vs Garmin – Desain

Dengan desain segi empatnya, Apple Watch memang mencuri perhatian banyak orang karena terlihat sangat berkelas dan elegan. Nah Apple Watch ini memiliki display yang sangat bagus karena porsi bezelnya sangat sedikit dan tingkat kecerahan yang sangat bagus, sehingga bisa terlihat dengan mudah pada saat siang hari. Resolusi dari Apple Watch yaitu 384×480 piksel, dimana dengan resolusi tersebut, layar terlihat sangat jernih, meskipun ukurannya hanya 44mm.

Selain itu Apple Watch juga didesain untuk atlet renang dan diving karena anti air hingga kedalaman 50 meter. Jadi bagi Anda yang gemar diving di lautan lepas, Anda cocok menggunakan Apple Watch ini. Agar layar tidak mudah retak dan rusak, Apple membenamkan lapisan kristal safir untuk ukuran 42mm, dan membenamkan Ion-X Glass untuk ukuran 44mm. Selain itu ada banyak pilihan custom apple watch bands, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan style Anda.

Di sisi lain, Garmin tidak terlalu mengedepankan desain yang berkelas seperti Apple Watch. Garmin Watch terlihat maskulin dan sedikit kaku, jadi memang lebih cocok digunakan untuk berpetualang di gunung. Tampilan Garmin Watch ini persis seperti jam tangan konvensional yang biasa Anda pakai sehari-hari. Namun terdapat banyak pilihan warna seperti emas mawar, titanium, perak, hitam, abu-abu, dan putih.

Apple Watch Vs Garmin – Performa

Untuk urusan performa, Apple Watch lebih unggul karena menggunakan chip S4 terbaru yang menawarkan performa lebih mulus dan cepat dibanding versi sebelumnya. Selain itu, Apple Watch juga didukung oleh prosesor dual-core 64-bit, jadi pastinya smartwatch berfungsi dengan sangat baik. Garmin sendiri memang sudah memperbaiki performanya lewat peningkatan kekuatan CPU dan menambahkan lebih banyak area penyimpanan. Namun secara keseluruhan, performa Apple Watch lebih unggul dibanding Garmin.

stocksnap.io

Apple Watch Vs Garmin – Daya Tahan Baterai

Dari segi performa, baik itu Apple Watch maupun Garmin memang hampir tak ada bedanya. Namun untuk daya tahan baterai, keduanya sungguh berbeda. Untuk Apple Watch, Anda tak perlu berharap banyak karena baterai hanya bisa bertahan hingga 2 hari saja untuk pemakaian normal. Nah berbeda dengan Garmin, dimana perangkat smartwatch satu ini bisa bertahan hingga seminggu penuh.

Ya, itulah mengapa Garmin lebih disukai oleh para atlet karena daya tahan baterainya sangat lama. Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa daya tahan baterai Apple Watch sangat sebentar, padahal banyak orang yang berharap bahwa Apple meningkatkan daya tahan baterai Apple Watch.

stocksnap.io

Apple Watch Vs Garmin – Fitur Fitness

Banyak orang memang mengklaim bahwa Apple Watch merupakan smartwatch terbaik di dunia saat ini. Namun bagi para atlet dan mereka yang gemar fitness, tentu tidak setuju dengan klaim tersebut. Baik itu Apple Watch maupun Garmin memang menyediakan fitur-fitur fitness standar seperti sensor detak jantung, anti air, running tracker, swimming tracker, timer, stopwatch, alarm, dan fitur-fitur standar lainnya yang biasa ditemukan pada smartwatch.

Namun Garmin tidak berhenti sampai disitu, karena Garmin menawarkan fitur-fitur lain yang didesain untuk berbagai jenis petualangan dan olahraga. Garmin menyediakan fitur-fitur navigasi dan pemetaan sehingga pengguna dapat dengan mudah menentukan track selama berlari, bersepeda, berenang di lautan, hingga mendaki gunung.

Selain itu Garmin Watch juga bisa dikombinasikan dengan perangkat-perangkat lain seperti HRM-Run, HRM-Tri, atau Dinamyc Pod, sehingga pengguna bisa mendapatkan berbagai jenis statistik yang tidak bisa ditemukan pada Apple Watch.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan Apple Watch Vs Garmin, bagaimana tertarik untuk membeli yang mana? Kesimpulan dari kami yaitu jika Anda bukan atlet atau tidak fitness secara rutin, maka pilihlah Apple Watch. Namun jika Anda merupakan seorang atlet atau rutin fitness, maka sebaiknya Anda membeli Garmin. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *