Apakah yang Dimaksud Dengan Kewajiban

Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Ini adalah pertanyaan yang sering dijumpai. Dikarenakan setiap orang selalu memiliki kewajiban dalam hidupya. Setiap orang juga tentu melakukan kewajiban tersebut dan tak bisa lari dari yang namanya kewajiban. Meski hidup ini selalu berhubungan dengan kewajiban namun banyak orang yang belum mengerti mengenai apa arti dari kewajiban tersebut.

Kewajiban, artinya dan juga jenis jenisnya

kewajiban sendiri memiliki arti sesuatu yang dilakukan dengan tanggung jawab atas hal tertentu, entah itu secara hukum atau juga secara moral. Dengan definisi tersebut kini anda mungkin telah mengerti apa yang dimaksud dengan kewajiban. Meski demikian, kewajiban sendiri mempunyai berbagai macam jenis yang juga perlu untuk anda ketahui. Berikut adalah beberapa jenis kewajiban yang perlu anda ketahui.

  1. Kewajiban Mutlak

Yang pertama adalah kewajiban mutlak. Jenis kewajiban ini merupakan kewajiban yang selalu ada dalam setiap orang. ini dikarenakan kewajiban mutlak merupakan kewajiban oleh individu itu sendiri. Kewajiban mutlak tidak ada hubungannya dengan orang lain. Kewajiban ini juga tidak ada sangkut pautnya dengan hak individu tersebut.

  1. Kewajiban Publik

Yang kedua adalah kewajiban publik. Kewajiban publik bisa dibilang kebalikan dari kewajiban mutlak. Jika kewajiban mutlak merupakan kewajiban yang hanya dilakukan untuk diri sendiri dan tak ada sangku pautnya denganorang lain. Maka kewajiban publik merupakan kewajiban yang berhubungan dengan kepentingan publik. Contohnya adalah setiap warga negara harus mentaati hukum yang berlaku di negara tersebut.

  1. Kewajiban Primer

Yang ketiga adalah kewajiban primer. Kewajiban primer sebenarnya mempunayi hubungan dari contoh yang terdapat pada kewajiban publik. Yaitu tentang bagaiman orang harus mentaati hukum. Ini dikarenakan kewajiban primer terjadi karena ada aksi dalam menolak atau menentang hukum yang berlaku. Contohnya, jika seseorang melakukan pelanggaran lalu lintas. Maka orang tersebut akan mendapatkan kewajiban dengan melakukan sidang pelanggaran dan juga membayar denda yang telah ditentukan oleh pengadilan.

  1. Kewajiban Umum dan Khusus

Yang keempat adalah kewajiban umum dan khusus. Jenis kewajiban umum merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. sedangkan jenis kewajiban khusus adalah kewajiban yang dilakukan oleh kelompok tertentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *