Apa Itu Pink Mold?

Apakah anda biasa menemukan bintuk berwarna merah muda yang sering berada di dalam kamar mandi atau toilet? Mungkin saja itu adalah sebuah pink mold, pink mold menyerupai sebuah jamur yang biasa menempel pada dinding atau bahkan di tempat kita menaruh sabun atau sampo. Sebenarnya pink mold tersebut adalah sebuah bakteri yang berkumpul menjadi satu dan membentuk kumpulan atau bintik berwarna merah muda yang kita temukan didalam kamar mandi.

Apa Itu Pink Mold?

pink mold biasanya merupakan bakteri yang bernama S. marcescens. Bakteri ini berkumpul di dalam kamar mandi dan seringnya kita melihat berada didaerah sabun atau sisa sampo. Bakteri ini memiliki kebiasaan untuk memakan zat fosfor yang ada didalam sabun atau sampo, sehingga apabila ada sisa sabun maka bakteri tersebut akan sangat cepat untuk berkembang.

 

Selain bakteri ada juga beberapa jamur yang ada didalam rumah yang berwarna pink. Misalnya jamur yang bernama latin Aureobasidium pullulans yang merupakan sebuah atanaman jamur yang biasa hidup di sekitar akamr mandi namun bukan pada daerah sisa sabun melainkan lebih sering berada di bingkai kayu yang lembap dan juga di pot tanaman hias. Ada satu lagi jamur yang berwarna merah muda dan juga berkembang di dalam rumah, jamur itu bernama Fusarium, jamur ini biasanya tumbuh di sekitar pot tanaman hias dan juga di dalam wallpaper yang kemudian bisa saja menyebar kedalam karpet yang berada dekat dengan wallpaper dinding rumah kita.

 

Apakah pink mold ini berbahaya bagi manusia? Pink mold merupakan salah satu bakteri dalam golongan sedang yang bisa dibilang tidak terlalu berbahaya, namun apabila kita terpapar bakteri ini dalam jangka waktu yang lama maka tentu saja bisa menyebabkan penyakit serius yang bisa dialami oleh kita, efek paparan dari pink mold secara terus menenus bisa mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan dan juga saluran kandung kemih. Namun apabila kita sudah menderita beberapa gangguan kesehatan maka jika kita terkena paparan dari bakteri ini akan menjadi lebih cepat.

pixabay.com

Satu lagi tempat dimana pink mold ini bisa tumbuh, walaupun memang jarang terjadi, namun bakteri ini juga bisa muncul di dalam tempat kita menyimpan lensa kontak, karena biasanya didalam tempat lensa kontak merupakan tempat yang memiliki kadar kelembapan yang paling tinggi, sehingga pink mold bisa saja muncul. Dan apabila pink mold ini muncul di kotak penyimpanan lensa kontak sebaiknya langsung segera di bersihkan menggunakan alkohol atau segera membung lensa kontak tersebut jika kadar pink mold didalamnya sudah terlalu banyak, karena jika terkena mata maka yang terjadi adalah infeksi pada mata kita.

 

Lalu bagai mana cara mengatasi pink mold tersebut jika muncul? Jika anda memiliki kesehatan yang cukup sehat maka anda bisa melakukan pembersihan sendiri, namun jika terjadi bebrapa hal seperti anda memiliki asma, penyebaran pink mold yang terlalu banyak, pink mold berada pada saluran ventilasi, dan pink mold muncul setelah adanya banjir, maka lebih baik anda membersihkan pink mold ini dibantu oleh pihak yang bisa menyingkirkan bakteri ini. Karena bisa terjadi jika dibersihkan sendiri malah kesehatan anda sendirilah yang menjadi korban.

Cara Membersihkan Jamur Pink Mold

Kita bisa membersihkan pink mold ini dengan cara

pixabay.com

Penggunaan vacuum cleaner

Kita bisa menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk menghilangkan bakteri ini. Karena dengan menggunakan penyedot debu kita bisa terhindar dari spora yang beterbangan yang bisa terhirup oleh kita

Penggunaan pemutih atau pembersih lantai

Kita bisa langsung menuangkan pemutih atau pembersih lantai ke tempat pink mold tersebut muncul, namun kita juga bisa mencampur pemutih dengan air agar bisa menjangkau daerah yang lebih kuat.

Penggunaan cuka

Kita juga bisa menggunakan campuran cuka dan sedikit garan yang dicampur dengan air sebanyak 1 galon air untuk bisa membersihkan pink mold yang berada di ddinding kamar mandi.

 

Dengan cairan yang ada diatas kita bisa membersihkannya dengan cara menggosoknya menggunakan sikat atau spons, namun sebelum kita memebrsihkannya kita harus menggunakan sarung tangan karet untuk menghindari bakteri tersebut menempel pada tangan atau bagian tubuh yang lain.

pixabay.com

Catatan yang lain apabila anda sudah melakukan pembersihan terhadap pink mold yang muncul,segera bersihkan sarung tangan dan alat-alat kebersihan yang tadi anda gunakan, karena kemungkinan besar bakteri ini masih tertinggal di alat kebersihan yang anda gunakan tadi.

 

Apabila anda sudah merasa terganggu kesehatannya dikarenakan paparan dari pink mold ini, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapat perawatan, karena bisa jadi bakteri yang ada didalam tubuh anda sudah berkembang.

 

Kesimpulan dari semua penjelasan diatas adalah apabila anda mendapati adanya bintik merah muda di dalam kamar mandi atau toilet anda segera bersihkan dan tetap jaga kebersihan tangan anda dengan menggunakan sarung tangan karet saat membersihkan. Untuk menjaga agar pink mold ini tidak kembali lagi segera keringkan daerah dari sisa sabun atau sampo yang ada di dalam kamar mandi dengan exhaust fan atau membuka jendela kamar mandi agar udara bisa masuk dan menjaga kelembapan dari ruangan toilet atau kamar mandi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *