4 Kiat Mengatasi Telinga Tersumbat

Telinga tersumbat pasti dialami banyak orang dan sangat menganggu aktifitas sehari-hari, tak ayal banyak yang menggunakan cara tradisional maupun cara kimia agar telinga tidak tersumbat lagi. Sayangnya penanganan yang salah memicu masalah baru pada telinga anda loh, alahsil diperlukan pengobatan yang tepat agar sumbatan segera hilang.

Kiat Mengatasi Telinga Tersumbat

Sebelum anda menghabiskan biaya ke dokter maupun menggunakan bahan kimia agar telinga tidak tersumbat, sebaiknya lakukan pengobatan secara alami di rumah. Tujuannya agar tidak ada efek samping yang ditimbulkan, selain itu membuat anda selalu nyaman mengatasi telinga yang tersumbat. Berikut ada kiat mengatasi telinga tersumbat di rumah, antara lain:

  1. Menenteskan Baby Oil Ke Telinga

Kiat pertama yang dapat dilakukan adalah meneteskan baby oil atau minyak esensial ke dalam telinga agar kotoran di dalam telinga yang mengering mudah dibersihkan. Selain itu caranya pun mudah dan tidak menyakitkan, cukup panaskan minyak di sendok, setelah panas pindahkan ke pipet dan teteskan ke dalam telinga anda. Usahakan menahan posisi tubuh anda sekitar 10 sampai 15 detik agar baby oil bekerja mengecerkan kotoran yang mengering.

  1. Melakukan Manuver Atau teknik Pasif

Mengatasi telinga yang tersumbat dapat dilakukan saat bersantai loh, yaitu melakukan manuver atau teknik pasif. Caranya pun mudah, tariklah nafas panjang seraya menjepit lubang hidung menggunakan jari, kemudian hembuskan secara perlahan dari mulut. Lakukanlah sampai beberapa kali sampai suasana hati anda menjadi tenang, dengan begitu kotoran pun mulai melunak dan mudah dibersihkan.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Air hangat dapat mengatasi telinga yang tersumbat loh, caranya adalah mengompres telinga anda dengan air hangat dalam waktu sekitar 1 jaman agar sumbatan atau kotoran dapat melunak. Alhasil kotoran mudah dibersihkan karena suhu panas air ampuh mengatasi kotoran telinga yang mengering.

Walaupun selama 2 atau 3 hari kotoran belum lunak, usahakan rutin mengompres telinga dengan air hangat sampai kotoran lunak. Dengan begitu telinga tidak akan tersumbat dan pendengaran tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *